Kenali Ciri-Ciri Mandul pada Pria

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ciri Ciri Pria Mandul
Foto: Istimewa

Celebrithinik.com – Wanita kerap dianggap sebagai penyebab masalah sulit hamil, karena dianggap tidak subur atau infertilitas. Padahal, gangguan kesuburan pada pria juga menyumbang proporsi yang kurang lebih sama, yaitu sekitar 33 persen dari seluruh kasus.

Salah satu penyebab pria mandul adalah gangguan pembentukan sperma. Gangguan ini dapat berupa sperma tidak tumbuh dengan utuh, tumbuh dengan bentuk yang tidak sempurna, tidak bergerak ke arah yang benar, tidak memiliki jumlah yang cukup, atau malah tidak terbentuk sama sekali.

Masalah sperma ini dapat dibawa dari lahir atau disebabkan oleh gaya hidup, seperti merokok, minum minuman beralkohol, atau mengonsumsi obat-obatan terlarang. Dari sisi masalah kesehatan, masalah sperma dapat disebabkan oleh gagal ginjal, infeksi masa kecil seperti gondongan, dan masalah kromosom atau hormon. Melansir dari laman klikdokter, berikut ciri-ciri pria mandul yang dapat diamati:

Nyeri, Bengkak, atau Ada Benjolan di Area Testis

Bila merasakan nyeri dan bengkak bahkan benjolan di sekitar area testis, kemungkinan anda mengalami varises pada organ kemaluan yang disebut varicocele.

Varicocele adalah pembengkakan pembuluh darah vena pada skrotum yang mengganggu aliran darah dan pertumbuhan sperma. Hal ini dapat diatasi dengan jalan operasi. Namun, anda harus berhati-hati karena varicocele dapat menjadi tanda terinfeksi penyakit lain.

Jumlah Testis Berkurang

Umumnya pria memiliki dua buah testis. Namun, ada kemungkinan juga testis yang dimiliki hanya satu. Ya, testis memegang peranan penting dalam kesuburan pria karena merupakan lokasi pembentukan sel sperma. Pengurangan jumlah testis dapat menjadi ciri pria mandul.

Keluar Cairan Abnormal dari Penis

Mengapa keluar cairan abnormal dari penis bisa menjadi ciri-ciri seorang laki-laki mandul? Keluarnya cairan abnormal dapat menandakan adanya infeksi menular seksual. Nah, infeksi yang tidak diobati hingga tuntas berpotensi mengganggu kesuburan pria.

Penurunan Hasrat Berhubungan Seksual

Ciri-ciri pria mandul berikutnya adalah rendahnya hasrat seksual. Kondisi ini sering dikaitkan dengan masalah menurunnya hormon testosteron, yang berperan dalam memunculkan hasrat seksual.

Gangguan Berkemih

Gangguan berkemih, misalnya rasa panas atau terbakar saat buang air kecil dan keluhan anyang-anyangan, dapat menandakan adanya infeksi saluran kemih pada pria. Infeksi ini dapat menimbulkan infertilitas pada pria.

Gangguan Ereksi

Gangguan ereksi juga dapat menjadi ciri pria mandul. Kondisi gangguan ereksi yang sering ditemui termasuk:

  • Kesulitan menjaga atau mempertahankan ereksi yang cukup untuk seks (disfungsi ereksi).
  • Ejakulasi dini.
  • Hubungan seksual yang menyakitkan.
  • Kelainan anatomi seperti memiliki lubang uretra di bawah penis (hipospadia).
  • Masalah psikologis atau hubungan yang mengganggu.

Kesulitan Ejakulasi

Ejakulasi retrograde juga dapat mengganggu kesuburan dengan cara masuk kembalinya sperma ke dalam tubuh ketika terjadi ejakulasi. Sperma yang seharusnya keluar dari penis saat ejakulasi, akan masuk ke dalam kandung kemih.

Pembesaran Payudara (Ginekomastia)

Terkadang, pria juga memiliki payudara yang besar. Kondisi ini disebut ginekomastia dan dapat disebabkan oleh hiperestrogen. Kelebihan kadar hormon wanita dalam tubuh pria dapat mengganggu produksi sperma sehingga berujung pada ketidaksuburan atau kemandulan.

Penurunan Jumlah Rambut di Seluruh Badan

Penyebab laki-laki mandul bisa berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon. Ketika hormon seks pria dalam kadar yang kurang, maka pertumbuhan sperma juga bisa terganggu. Akibatnya pria bisa mandul.

Ciri-ciri dari ketidakseimbangan hormon ini adalah sedikitnya rambut-rambut yang biasanya dominan pada pria, misalnya kumis dan jenggot, bulu kaki, bulu dada, dan lain-lain. Namun sedikitnya rambut yang tumbuh, entah itu di wajah maupun tubuh, juga bisa diakibatkan faktor genetik dan ras.

Gemuk

Pria gemuk rentan mengalami gangguan kesuburan. Pria dengan berat badan berlebihan sering kali mengalami gangguan hormonal, termasuk kadar hormon testosteron yang lebih rendah. Selain itu, kualitas spermanya sering kali lebih rendah dibandingkan pria dengan BB ideal.

Jumlah Hitung Sperma Rendah

Jumlah sperma yang kurang dari 15 juta per mililiter cairan sperma, atau jumlah total sperma kurang dari 39 juta per ejakulasi, dapat menjadi ciri pria mandul yang patut Anda perhatikan.

Ada banyak hal yang dapat menurunkan kadar sperma, seperti infeksi testikel, tumor, ketidakseimbangan hormon, cacat bawaan, pengobatan tertentu, hingga dampak operasi. Faktor lain yang menyebabkan produksi sperma menurun, antara lain polusi, dampak radiasi, suhu testikel terlalu tinggi, rokok, obat-obatan, terlalu sering duduk, stres, hingga obesitas.

Populer video

Berita lainnya