Ketahui Penyebab Orang Sering Sendawa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Sendawa normal dialami siapa saja, terutama usai menyantap makanan. Meskipun terkadang mengganggu kenyaman dan memalukan, sendawa umumnya bukan pertanda penyakit serius.

Namun lain ceritanya jika Anda sering sendawa. Banyak faktor yang bisa membuat seseorang mengalami hal tersebut. Lantas apa saja yang membuat seseorang sering sendawa? Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Kebiasaan Makan yang Keliru

Sendawa dapat muncul karena udara yang masuk atau tertelan saat makan dan minum. Untuk mencegah udara masuk ke dalam perut, hindari makan sambil bicara dan makan terlalu cepat. Selain itu, kunyahlah makanan dengan mulut tertutup untuk mencegah udara masuk ke dalam perut.

Masuknya udara ke Tubuh

Ada berbagai penyebab sering sendawa karena masuknya udara ke tubuh. Contohnya mengunyah permen karet, mengisap permen, minum melalui sedotan, memakai gigi palsu yang tidak pas, bernapas melalui hidung, atau merokok.

Makanan dan Minuman Bergas

Sering mengonsumsi makanan atau minuman yang bergas bisa juga membuat seseorang sering sendawa. Contohnya minuman soda atau berkarbonasi, kacang-kacangan, brokoli, biji-bijian utuh, kismis, atau pisang. Di samping itu, sering sendawa dapat disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol, makanan mengandung gula, tepung, atau serat.

Konsumsi Obat-obatan tertentu

Pada kasus lain, sering sendawa bisa dipicu oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya aspirin, ibuprofen, acarbose (obat diabetes tipe 2), dan obat pencahar seperti sorbitol.

Populer video

Berita lainnya