Cara Menghilangkan Kutu Rambut secara Alami di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Kutu Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kutu rambut adalah gangguan yang paling sering dialami oleh anak-anak. Parasit kecil ini menular melalui pengidap atau akibat  kurang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.

Proses penularan dan penyebaran hewan kecil ini melalui kontak langsung dari kepala ke kepala atau menggunakan barang pribadi milik pengidap. Parasit kecil ini sebenarnya jarang menyebar tanpa kontak langsung.

Sementara barang-barang pribadi yang berpotensi menularkan kutu rambut seperti topi, sisir, aksesori rambut, earphone, bantal, dan handuk.

Ketika seseorang terserang kutu rambut atau kepala, berikut ini gejala yang biasanya muncul rasa gatal,  terasa ada yang bergerak di kepala,  telur kutu pada batang rambut,  hingga luka.

Nah, Anda bisa menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan cara alami. Melansir laman Halodoc berikut penjelasannya:

Minyak jelantah

Minyak jelantah adalah minyak goreng yang sudah digunakan beberapa kali. Penggunaan berulang membuat minyak jelantah terlihat gelap dan sangat lengket.

Minyak jelantah ini bisa gunakan menghilangkan kutu rambut. Caranya dengan membaluri rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 10 menit, kemudian sisir rambut dengan sisir kutu.

Minyak kelapa

Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan kutu rambut lainnya. Sebuah studi mengungkapkan, asam laurat dalam minyak kelapa dapat membantu membunuh kutu. 

Cara penggunaannya masih sama, yaitu membaluri kulit kepala dan helai-helai rambut dengan minyak kelapa. Tekstur minyak kelapa tidak selengket minyak jelantah, sehingga kutu rambut masih bisa lolos ketika menggunakan minyak kelapa.

Cuka dan garam

Menghilangkan kutu rambut dapat menggunakan kombinasi cuka dan garam. Anda bisa mencampurkan kedua bahan ini ke dalam botol plastik, lalu kocok supaya tercampur merata.

Kemudian, semprotkan campuran ke kulit kepala, sisi-sisinya, dan helai-helai rambut secara merata. Tunggu selama 5 sampai 7 menit, lalu sisir rambut dan cuci bersih.

Kenapa menggunakan garam dan cuka? Alasannya karena garam bisa membuat kutu rambut mengalami dehidrasi. Sementara itu, cuka bisa menghilangkan efek perekat yang berasal dari kutu rambut betina.

Mencampur minyak esensial

Minyak jelantah, atau bahkan cuka dan garam, kamu bisa mencampurkan beberapa minyak esensial. Caranya dengan mencampurkan beberapa jenis minyak esensial dengan air hangat.

Jika hanya ada tea tree oil, teteskan beberapa minyak itu ke dalam air di dalam botol semprot. Semprotkan ke seluruh kulit kepala dan rambut, kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu sisir dan bilas dengan air bersih.

Kondisioner rambut

Pertama, siapkan sisir khusus dengan batang yang sangat rapat. Sisir jenis ini efektif menghilangkan kutu sekaligus telur yang menempel pada batang rambut. Selanjutnya, ikuti langkah ini:

Selagi memakai produk perawatan rambut ini, Ansa bisa menyisir rambut. Setidaknya, perlu waktu sekitar 10 menit untuk rambut pendek. Sementara untuk rambut panjang, ikal atau keriting, prosesnya membutuhkan waktu lebih lama, yaitu 20 hingga 30 menit.

Obat kutu

Obat kutu terbilang efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Pemberian obat kutu bisa Anda coba jika di hari ke-17 kutu rambut tak kunjung menghilang. Obat jenis ini efektif membunuh kutu pada semua jenis rambut dan bisa kamu beli secara bebas.

Populer video

Berita lainnya