Ketahui Manfaat Vitamin E untuk Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com –  Vitamin E umumnya terkandung di dalam minyak nabati, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa. Selain itu, vitamin ini juga dapat ditemukan di berbagai jenis sayuran dan buah, seperti bayam, brokoli, mangga, dan kiwi.

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak, dan berperan penting menjaga kulit agar tetap sehat dan berfungsi baik. Vitamin ini merupakan antioksidan alami yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Melansir laman Alodokter, berikut ini beberapa manfaat vitamin E untuk kulit.

Melembapkan kulit

Tidak hanya mengganggu penampilan kulit kering lebih berisiko mengalami iritasi dan infeksi apabila tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu, jika memiliki masalah kulit kering dan ingin menjaga kulit tetap lembap dan sehat, mulailah menggunakan produk pelembap yang mengandung vitamin E.

Vitamin E dapat membentuk lapisan minyak pada permukaan kulit yang dapat menahan air agar tidak mudah menguap. Dengan begitu, kulit akan tetap terhidrasi. Selain itu, vitamin E juga dapat menenangkan kulit yang sedang mengalami iritasi.

Mencegah keriput

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan memicu munculnya tanda-tanda penuaan di kulit, termasuk keriput. Mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi vitamin E.

Manfaat vitamin E ini didapatkan berkat sifat antioksidan di dalamnya, yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen. Dengan begitu, kulit pun akan tetap sehat, awet muda, dan terhindar dari keriput.

Mencegah kerusakan kulit akibat terbakar matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama bisa menyebabkan kulit mengalami kerusakan. Vitamin E diketahui efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Manfaat vitamin E untuk kulit tersebut bisa Anda dapat dengan menggunakan produk perawatan kulit, seperti sunscreen yang mengandung vitamin E.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Mengonsumsi vitamin E atau mengoleskan krim yang mengandung vitamin E ke area kulit yang luka dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat vitamin E ini telah dibuktikan melalui penelitian.

Khasiat vitamin E untuk kulit yang luka didapatkan berkat sifat antioksidan vitamin E yang mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga mempercepat pembentukan jaringan kulit yang baru.

Menyamarkan flek hitam

Flek hitam terjadi saat produksi melanin di kulit meningkat, terutama setelah terpapar sinar matahari secara berlebih. Meski tidak berbahaya, kondisi ini dapat memengaruhi penampilan bahkan kepercayaan diri seseorang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat mendorong proses pergantian sel-sel kulit mati. Dengan begitu, flek hitam pun tersamarkan dan digantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

Populer video

Berita lainnya