Sabun Lerak, Solusi Alternatif untuk Sabun Alami Tanpa Bahan Kimia

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
sumber foto: https://benihbunbun.com/menanam-biji-lerak-sabun-ramah-lingkungan/

Tidak dipungkiri bahwa kesadaran masyarakat mulai meningkat akan bahaya dari Bahan Kimia yang penggunaannya semakin marak. Pilihan untuk menggunakan bahan yang lebih alami untuk kebutuhan sehari-hari semakin sering dilakukan.

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari adalah buah lerak. Sebelumnya, lerak dikenal sebagai buah yang digunakan untuk pencucian kain batik. Namun, kini lerak semakin banyak digunakan untuk mencuci berbagai benda sehari-hari, seperti piring, gelas dan perabotan rumah lainnya.

Selain itu, karena sifatnya yang alami, lerak juga dapat digunakan langsung pada anggota tubuh. Lerak dapat digunakan untuk mencuci tangan dan mandi sehari-hari.

Saat ini, lerak sudah tidak sulit untuk ditemukan. Akibat informasi yang menyebar semakin luas, lerak mulai mudah ditemui di toko online. Dan ada juga yang menjual lerak yang sudah diolah menjadi sabun.

Namun, jangan khawatir, Anda pun dapat mengolah buah lerak sendiri di rumah. Anda dapat membuat sabun lerak dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Rendamlah buah lerak selama kurang lebih 2 hari. Ini bertujuan untuk melunakkan buah tersebut.
  2. Setelah 2 hari, rebuslah lerak dengan api kecil selama 30 menit. Anda dapat menambahkan kulit jeruk atau buah pilihan anda untuk menambah aroma.
  3. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan essential oil, untuk memberikan aroma kesukaan Anda.
  4. Setelah direbus, angkat dan biarkan dingin. Dan sabun siap digunakan.

Sangat mudah bukan pembuatannya? Anda tidak membutuhkan bahan kimia karena lerak sudah memiliki kekuatan alami untuk mengeluarkan busa, sama seperti sabun berbahan kimia.

Jadi, selamat mencoba dan semangat menghargai bumi dengan memanfaatkan bahan alami untuk aktivitas sehari-hari Anda.

Populer video

Berita lainnya