Ketahui Cara Mengilangkan Strech Mark Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Strecht Mark
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Strech mark muncul akibat kulit yang meregang atau mengendur dengan cepat. Kondisi ini ditandai adanya guratan berwarna merah, putih, atau hitam yang biasanya muncul di area perut, payudara, pinggul, paha, atau bokong.

Meski tidak berbahaya, stretch mark dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Hal ini membuat banyak orang mencoba berbagai metode perawatan kulit untuk menyamarkannya.

Ada banyak bahan alami di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark. Melansir laman Alodokter, berikut ini cara untuk mengatasinya.

Mengoleskan minyak kepala

Kandungan asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa mudah menyerap ke dalam kulit. Bahan alami ini juga bersifat antiradang dan dapat mendorong produksi kolagen sehingga mampu menyamarkan stretch mark.

Caranya, Anda hanya perlu mengoleskan minyak ini ke area stretch mark dan diamkan semalaman. Lakukan secara rutin hingga stretch mark tampak pudar.

Balurkan putih telur

Putih telur mengandung asam amino dan protein yang dapat mengganti sel kulit mati dengan sel kulit baru yang sehat, sehingga tampilan stretch mark tersamarkan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kocoklah 2 putih telur. Setelah mengembang, oleskan ke kulit lalu diamkan hingga mengering. Kemudia bilas dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, oleskan 2–3 kali seminggu.

Manfaatkan perasan air lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang bisa menyamarkan stretch mark yang muncul. Caranya, Anda hanya perlu merendam bola kapas ke dalam air perasan lemon, lalu letakkan bola kapas ini ke area kulit yang memiliki stretch mark dan diamkan selama 10 menit.

Oleskan minyak zaitun

Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam minyak zaitun dapat melembapkan sekaligus menyamarkan stretch mark. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area stretch mark. Pijat secara lembut lalu diamkan semalaman atau selama 20–30 menit. kemudian bilas dengan air hangat.

Oleskan pasta kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, kunyit dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk memudarkan stretch mark. Ini karena kandungan kurkumin yang terkandung di dalam kunyit.

Caranya, campr bubuk kunyit dengan air secukupnya dan aduk hingga membentuk pasta. Selanjutnya, oleskan ke kulit dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 1–2 kali seminggu agar stretch mark hilang.

Eksfoliasi menggunakan gula

Anda bisa menjadikan gula sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih halus dan tidak kusam. Dengan demikian, tampilan stretch mark di kulit dapat memudar.

Caranya, campur ½ cangkir gula dengan minyak kelapa atau minyak almond secukupnya. Oleskan ke kulit dan pijat secara lembut agar sel kulit mati terangkat dengan baik. Lakukan sebanyak 2–3 kali seminggu untuk memaksimalkan hasilnya.

Oleskan lidah buaya

Lidah buaya juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan stretch mark. Manfaat lidah buaya untuk kulit ini bisa diperoleh berkat kemampuannya untuk menyembuhkan luka, termasuk luka jaringan parut seperti stretch mark.

Carany, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit tempat munculnya stretch mark. Selanjutnya, pijat secara lembut dan lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Populer video

Berita lainnya