Cara Jitu Sikat Tuntas Ketombe di Kepala

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ketombe muncul akibat penumpukan sel kulit mati yang kemudian mengelupas. Ketombe sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni ketombe basah dan kering. Perbedaan kedua jenis ketombe ini ditandai dari jenis ukurannya.

Ketombe kering ditandai dengan serpihan putih berukuran kecil. Sementara ketombe basah memiliki ukuran serpihan lebih besar dan berwarna kekuningan.

Ada ragam kondisi dan kebiasaan yang bisa menyebabkan munculnya ketombe. Mulai dari kebersihan kulit kepala yang kurang terjag, alergi terhadap produk perawatan rambut tertentu, cara keramas yang salah, hingga penyakit kulit seperti infeksi jamur, eksim, atau psoriasis.

Selain mengganggu penampilan, ketombe menimbulkan rasa gatal yang membuat si penderita ingin menggaruk kepala. Agar ketombe tidak terus-menerus menimbulkan berbagai gangguan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Melansir laman Alodokter, simak penjelasa berikut ini.

Rutin keramas dengan sampo antiketombe

Menjaga kebersihan rambut dengan keramas  secara rutin memakai sampo antiketomhe menjadi langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah ketombe. Beberapa jenis sampo diformulasikan khusus untuk menghentikan pertumbuhan jamur dan mengurangi minyak di kulit kepala penyebab ketombe.

Mengonsumsi nutrisi yang baik untuk kulit dan rambut

Menerapkan pola makan sehat, khususnya konsumsi makanan yang baik untuk rambut dan kulit kepala perlu dilakukan. Maka itu, konsumsilah makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting bagi rambut dan kulit kepala seperti asam lemak omega-3, zinc, vitamin B, dan probiotik.

Nutrisi-nutrisi tersebut baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan helai rambut yang kuat. Beberapa jenis makanan yang kaya akan nutrisi-nutrisi tersebut adalah ikan tuna, kecang kedelai, tahu, brokoli, kembang kol, bayam, pisang, kentang, daging sapi, daging unggas, dan telur.

Mengatasi stres

Stres yang tidak diatasi dengan baik dan berkepanjangan memengaruhi kesehatan tubuh secara umum, termasuk kulit dan rambut. Selain membuat sistem kekebalan tubuh melemah, stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Peningkatan hormon ini akan memicu produksi minyak atau sebum di kulit wajah maupun kulit kepala.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres adalah berolahraga secara rutin, menulis jurnal, melakukan hobi, atau pergi berlibur. Istirahat yang cukup juga diperlukan untuk mengatasi stres, baik stres pikiran maupun stres fisik akibat tubuh yang terlalu lelah.

Merawat dan menata rambut dengan benar

Terlalu sering menata rambut menggunakan produk berbahan kimia keras juga dapat menyebabkan ketombe. Maka itu, untuk mencegah serta mengatasi ketombe basah dan kering, lakukanlah hal-hal berikut ini:

  • Jangan terlalu sering mewarnai rambut.
  • Jangan terlalu sering menggunakan catok rambut.
  • Jangan dulu menggunakan penutup kepala ketika rambut masih basah.
  • Jangan sering keramas menggunakan air yang suhunya terlalu hangat.
  • Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala secara rutin.

Populer video

Berita lainnya