Simak Tips Menggemukkan Badan dengan Cepat dan Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ciri Berat Badan Turun
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki badan terlalu kurus dapat membuat orang yang mengalami merasa kurang percaya diri. Bahkan, berat badan bisa menurun cukup drastis setelah sakit atau menjalani penanganan medis tertentu seperti kemoterapi. Oleh karena itu, tak sedikit yang mencari cara menggemukkan badan dengan cepat agar berat badan kembali ideal.

Seperti menurunkan berat badan, menaikkan berat badan tidak selalu mudah untuk setiap orang. Ada yang sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan tinggi gula dan junk food, tetap tidak gemuk juga. Alih-alih menjadi gemuk, beragam gangguan kesehatan bisa menyerang karena pola makan tidak sehat.

Kunci dalam menggemukkan badan adalah memadukan pola makan sehat dan olahraga secara rutin. Melansir laman Alodokter, simak cara menggemukkan badan dengan cepat dan juga sehat berikut ini.

Meningkatkan asupan kalori harian

Cipptakan surplus kalori, yakni makan lebih banyak kalori dari yang dibutuhkan tubuh. Anda perlu menambahkan sekitar 700–1.000 kalori dari kebutuhan kalori harian. Tidak harus makan porsi banyak, Anda bisa membaginya menjadi beberapa porsi kecil dan makanlah sesering mungkin agar kebutuhan kalori terpenuhi.

Makan lebih banyak protein

Protein bisa menaikkan massa otot, sehingga berat badan bertambah. Bahkan, penambahan berat badan karena meningkatnya massa otot bisa membuat berat badanmu bertahan lebih lama dan stabil. Contoh makanan berprotein tinggi yakni daging merah, daging ayam dengan kulit, ikan, telur, susu, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi protein juga. Cukup 1–1,6 gram protein per kg berat badan. Hal ini karena terlalu banyak protein bisa mengurangi rasa lapar sehingga bisa membuat porsi makan harian menjadi berkurang.

Perhatikan asupan karbohidrat dan lemak

Bagi yang sedang menggemukkan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak karbohidrat dan lemak sehat. Sebab, makanan tinggi karbohidrat dan lemak ini juga kaya akan kalori. Makanan tinggi karbohidra dan lemak sehat seperti oatmeal, kentang, ubi cilembu, nasi merah, alpukat, mayones, dan keju.

Konsumsi makanan padat energi

Makanan padat energi, seperti nasi, kacang almond, kacang tanah, kismis, atau susu penambah berat badan, mengandung banyak kalori sehingga bisa cepat menggemukkan badan. Tidak hanya membuat tubuh cepat gemuk, makanan ini juga bisa memberi energi agar Ansa bisa beraktivitas dengan lancar.

Latihan beban

Olahraga yang cocok untuk meningkatkan berat badan adalah latihan beban dan yoga. Olahraga ini akan menguatkan dan meningkatkan massa otot, sehingga mampu mendukung kenaikan berat badan.

Tapi, Anda harus membatasi olahraga kardio.  Sebab olahraga kardio justru menurunkan berat badan karena bisa memangkas lemak berlebih di tubuh.

Kelola stres

Mengelola stres menjadi poin penting dalam menggemukkan badan, setelah pola makan sehat dan olahraga. Mulailah melakukan yoga atau meditasi. Namun, jika cara ini tidak juga membantu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog.

Istriahat yang cukup

Tidur yang berkualitas dan cukup sangat diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan otot. Selain itu, tidur juga bisa mengurangi stres, menghasilkan energi, dan menyeimbangkan proses metabolisme tubuh. Jika fungsi tubuh berjalan normal, tentu saja peningkatan berat badan bisa berlangsung lebih cepat.

Populer video

Berita lainnya