Cara Efektif Usir Penumpukan Lemak di Paha

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Paha
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Lemak yang menumpuk di paha biasanya disebabkan oleh berat badan berlebih. Selain itu, penumpukan lemak di paha juga bisa terjadi karena pengaruh hormon estrogen, usia, dan faktor genetik.

Namun, bukan berarti lemak yang berlebih dan menumpuk di paha tidak bisa diatasi. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk rutin melakukan olahraga, Anda bisa mengurangi lemak berlebih yang menumpuk di paha. Melansir laman Alodokter, simak cara berikut ini.

Kurangi konsumsi makanan asin

Kandungan natrium atau garam dalam makanan yang asin dapat menyebabkan tubuh menahan lebih banyak cairan sehingga terjadilah bloating (pembengkakan) di beberapa bagian tubuh, termasuk paha. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Perbanyak minum air putih

Penumpukan lemak di paha bisa terjadi karena metabolisme tubuh yang lambat. Meningkatkan metabolisme, Anda disarankan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Dengan memiliki metabolisme yang cepat, tubuh lebih mudah membakar kalori, sehingga bisa mencegah dan mengatasi berat badan berlebih, termasuk bertambahnya ukuran paha.

Naik turun tangga

Selain dari asupan makanan dan minuman, perlu tetap aktif bergerak untuk melatih otot paha. Salah satu cara yang mudah dengan naik turun tangga. Cara ini bisa meningkatkan penggunaan otot di kaki dan paha. Naik turun tangga juga dapat melatih otot kaki dan paha, sehingga dapat memperkuat serta mengencangkan otot paha.

Jogging

Jogging atau berlari selama 45 menit setiap hari bisa dilakukan sebagai cara mengecilkan paha. Jogging menggunakan kerja otot paha yang akan membakar lemak berlebih penyebab paha besar.

Jika dilakukan secara rutin, jogging tidak hanya membantu pembakaran kalori dan lemak, tetapi juga membentuk otot paha depan, belakang, dan otot bokong. Jadi, cara mengecilkan paha ini juga bisa memperindah bentuk otot tubuh bagian bawah.

Bersepeda

Bersepeda dilakukan untuk mengecilkan paha, yang bisa dilakukan kapan saja. Ketika Anda mengayuh pedal sepeda dengan kecepatan tinggi, kalori dan lemak di paha akan terbakar. Cara ini juga akan meningkatkan proses metabolisme tubuh serta menurunkan berat badan.

Squat

Melakukan olahraga yang melatih kekuatan otot, seperti squat, juga merupakan cara mengecilkan paha yang bisa dilakukan. Dengan melakukan gerakan ini, pembentukan otot pada paha bisa ditingkatkan, dan paha yang ramping bisa Anda miliki.

Latihan beban

Latihan menggunakan dumbbell atau barbell bisa dilakikan sebanyak 2 kali dalam seminggu sebagai cara mengecilkan paha. Salah satu gerakan latihan beban yang merupakan variasi dari squar, yaitu weighted squat, ini dapat dilakukan untuk membentuk otot paha depan dan paha belakang. Dengan begitu, paha akan terlihat lebih ramping dan kencang.

Populer video

Berita lainnya