Ini Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tidur Siang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin masih sedikit orang yang menyepelekan tidur siang. Padahal aktivitas ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hanya dengan tidur sekitar 20–30 menit, Anda sudah merasakan manfaatnya.

Namun, pastikan tidur siang dilakukan dalam lingkungan yang tenang dan suhu ruangan yang sejuk. Sehingga, tidur siang Anda akan terasa nyaman. Melansir laman Halodoc, berikut ini manfaat tidur siang yang dapat Anda rasakan.

Meningkatkan daya ingat

Tidur siang dapat membantu meningkatkan daya ingat. Pasalnya, aktivitas ini punya peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan. Ini termasuk mencegah lupa dari hal-hal penting, seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.

Manfaat tidur siang membuat lebih produktif

Banyaknya aktivitas bisa memicu penurunan produktivitas. Inilah sebabnya tak sedikit orang yang mengalami penurunan fokus dan konsentrasi menjelang sore hari. Kabar baiknya, tidur siang bisa membantu kamu memiliki kinerja yang lebih konsisten.

Memperbaiki suasana hati

Tidur siang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memperbaiki suasana hati. Selain itu, aktivitas ini juga membantu menurunkan risiko depresi. Ini karena tidur siang dapat menghadirkan efek relaksasi saat kamu sedang jenuh dan stres.

Meningkatkan kewaspadaan

Ini karena tidur siang dapat memulihkan kembali otak yang mengalami kelelahan akibat terlalu banyak menerima informasi. Ketika tidur siang, otak akan menghilangkan informasi yang tidak perlu dari bagian penyimpanan sementara, sehingga setelahnya, otak bisa kembali menyerap informasi yang baru.

Bantu meredakan stres

Stres muncul akibat beban atau tekanan berlebihan dalam otak. Dengan tidur siang, masalah yang mengganjal bisa selesai dengan solusi yang tepat. Studi menyebutkan, tidur siang selama 15 menit setiap hari bisa membantu mengurangi stres. Sebab, tidur siang memicu perubahan aktivitas saraf simpatik dari sistem saraf otonom sebagai pemicu stres.

Meningkatkan kreativitas

Studi dari Universitas California berhasil membuktikan bahwa manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas. Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang tidur siang memiliki kreativitas yang lebih tinggi. Manfaat itu dapat terjadi meski tidur dengan gerakan mata yang cepat atau terlelap sampai bermimpi.




Populer video

Berita lainnya