Le Minerale Gandeng Pijakbumi Komit Jalankan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Celebrithink.com – Le Minerale terus berkomitmen menggerakan usaha daur ulang, untuk mengurangi timbunan sampah nasional. Kali ini, Le Minerale menggandeng Pijakbumi, salah satu brand sepatu lokal dan ramah lingkungan, dalam mengenalkan dan mengedukasi publik mengenai potensi transformasi sisa konsumsi botol PET menjadi barang baru yang fashionable tetapi tetap mengusung sustainable value.

Kolaborasi ini merupakan wujud keselarasan visi untuk merespon isu permasalahan lingkungan yang ada di Indonesia. Hal ini juga selaras dengan kampanye #JadiBaruLagi yang diusung Le Minerale, sebagai edukasi bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam mengurangi sampah nasional.

“Pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Le Minerale sebagai produsen air minum dalam kemasan sadar penuh akan kewajibannya untuk mengelola setiap sampah yang dihasilkan,” ujar Irene Atmadja selaku Sustainability Manager Le Minerale, melalui keterangan tertulisnya.

“Kami sudah berupaya menjalani kewajiban tersebut dengan meningkatkan kemampuan fasilitas pengumpulan dan pengelolaan sampah plastik, serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah untuk di-daur ulang atau recycling,” lanjut Irene.

Irene melihat kesempatan mengolah plastik hasil daur ulang, untuk dijadikan barang baru dengan nilai fungsi dan jual yang baik. Karenanya Le Minerale secara aktif menggandeng mitra yang tepat seperti Pijakbumi.

“Yang tentunya menguatkan peran kami dalam siklus pengelolaan sampah secara keseluruhan guna berkontribusi pada ekonomi sirkular,” kata Irene.

Rowland Asfales, Founder dan CEO Pijakbumi mengatakan, sejak awal berdiri, Pijakbumi fokus memproduksi sepatu dengan material ramah lingkungan. Pihaknya juga mengkampanyekan tagar #SmallStepsMatter, tentang pentingnya membuat keputusan-keputusan kecil yang etis, dan mementingkan lingkungan dalam setiap langkah.

“Dari semangat tersebut, kami terus berjalan hingga bertemu dengan mitra yang memiliki spirit yang sama, salah satunya Le Minerale. Kolaborasi kali ini hanya merupakan awal dari partnership yang akan kami lakukan di beberapa waktu yang akan mendatang, yang pastinya akan semakin menunjukkan bahwa penggunaan bahan-bahan daur ulang dan ramah lingkungan dalam fashion sehari-hari bisa menjadikan produk baru yang sama-sama fungsional dan estetik,” jelas Rowland.

Di kolaborasi kali ini, Pijakbumi x Le Minerale menghadirkan activation booth dengan beragam kegiatan menarik. Di antaranya mengkreasikan sepatu dengan bahan-bahan daur ulang PET dan collaborative art ilustrasi Kevinswork dengan pengunjung Brightspot. Kampanye edukasi ini dipamerkan di Brightspot Market 2023 di Plaza Senayan, Jakarta pada 28 September – 1 Oktober dan 6 – 8 Oktober 2023.

Selain melalui brand collaborations dalam rangka mensukseskan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN), Le Minerale juga bekerjasama telah dilakukan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan berbagai mitra lainnya yang berfokus pada pengumpulan dan pengelolaan sampah.

Populer video

Berita lainnya