Bukan Cuma Berkeringat, Ketahui Manfaat Sauna untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mandi Sauna
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sauna adalah ruangan untuk mandi uap, yang dipanaskan dengan suhu tinggi antara 70-100 °celsius. Hal ini membuat suhu tubuh menjadi meningkat, yang menyebabkan pembuluh darah melebar, sirkulasi darah mengalir lancar, dan Anda meras rileks karena keringat keluar lebih banyak.

Secar umum mandi sauna secara rutin dapat menjadi metode pengobatan alternatif untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), mengurangi stres, serta mampu meningkatkan toleransi rasa nyeri.

Mandi sauna juga mendukung kesehatan tubuh. Melansir laman Hellosehat, berikut manfaat yang bisa Anda peroleh, dengan rutin mandi sauna.

Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan, mandi uap selama 30 menit membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) dan tekanan darah diastolik (angka bawah). Hal ini karena suhu panas yang dihasilkan ketika mandi uap, dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga memperlancar sirkulasi darah.

Meredakan nyeri

Dirkulasi darah yang lancar berkat mandi uap juga dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Hal ini mengacu pada sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine.

Berdasarkan penelitian tersebut, mandi sauna dapat membantu meredakan nyeri dan meringankan gejala sakit kepala tegang yang kronis. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat sauna satu ini.

Mempercepat pemulihan setelah olahraga

Mandi uap dengan menggunakan teknik tradisional ataupun inframerah dapat mempercepat pemulihan tubuh setelah olahraga. Pasalnya, mandi uap membantu memperbaiki otot yang cedera, mengurangi ketegangan otot, dan merelaksasi otot setelah olahraga intensif.

Meredakan stres

Mandi uap bisa menjadi salah satu tempat menepi untuk menenangkan diri. Suhu ruang yang hangat dan suasana tenang dapat membuat Anda lebih rileks dan nyaman. Bahkan, mandi uap dapat memberikan efek relaksasi pada pasien dengan depresi.

Menurunkan kolesterol

Sebuah studi oleh Pilch dkk. pada 2014 menemukan seseorang yang rutin mandi uap mengalami penurunan kadar kolesterol total. Hal ini membuat para peneliti menyimpulkan manfaat sauna serupa dengan melakukan latihan fisik intensitas sedang.

Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk aktif bergerak dan rutin latihan fisik untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Jangan lupa untuk memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Membersihkan racun tubuh

Sauna memicu tubuh berkeringat, sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun, seperti logam berat, zat kimia, dan produk limbah. Hal ini didukung penelitian yang dikutip dari jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. 

Penelitian tersebut mengatakan bahwa orang yang melakukan sauna 4 jam per hari lebih memiliki kualitas hidup yang baik, seperti jam tidur cukup, dan tidak mudah sakit.

Populer video

Berita lainnya