Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Kualitas Udara yang Buruk

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bahaya Polusi Udara
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kondisi udara di Jakarta tengah menjadi sorotan, lantaran kualitasnya yang buruk. Menurut Indeks Qualitas Udara (AQI), per tanggal 18 Agustus 2023 kemarin, kualitas udara di Ibukota negara ini berada di angka 128. Dengan kata lain, kualitas udara saat ini tidak sehat, terutama bagi kelompok sensitif.

Polusi udara sendiri merupakan percampuran berbagai zat yang bisa mengubah karakteristik atmosfer, dan berdampak pada kesehatan. Perlu diketahui, polusi udara dapat terjadi di luar maupun di dalam ruangan.

Nah, Anda bisa melakukan beberapa cara ini guna mencegah masalah kesehatan akibat polusi udara. Melansir laman Halodoc, simak penjelasannya.

Gunakan masker saat keluar rumah

Penggunaan masker saat keluar rumah sangat penting guna melindungi diri dari partikel halus dan udara yang tidak sehat. Masker yang aman dan direkomendasikan untuk digunakan adalah masker KN95.

Terutama bagi ibu hamil yang sering menjalani aktivitas di luar rumah. Sebaiknya gunakan masker untuk meminimalkan paparan polutan. Sebab, zat tersebut berisiko menyebabkan masalah kesehatan.

Mandi setelah bepergian

Saat setelah melakukan aktivitas luar ruangan, lebih baik segera mandi dengan air bersih. Cara ini membantu menghilangkan kotoran atau polusi udara yang menempel pada kulit atau rambut. 

Gunakan alat penyaring udara

Meski pun alat penyaring udara tidak dapat menghilangkan semua polutan dalam ruangan, namun alat ini membantu untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Pastikan juga memilih alat penyaring udara yang memiliki tingkat Clean Air Delivery Rate (CADR) yang tinggi.

Menutup jendela dan pintu rumah

Penting untuk menutup jendela dan pintu rumah karena udara yang tidak baik. Tujuannya agar udara di dalam ruangan tidak ikut tercemar dari paparan polutan yang dapat membahayakan kesehatan paru-paru.

Kurangi aktivitas luar ruangan

Sedapat mungkin tetap berada di rumah atau kurangi aktivitas luar ruangan saat kualitas udara sedang tidak baik. Jika harus keluar rumah, pastikan untuk membatasi waktu dan menggunakan masker. 

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Polusi udara dapat berpengaruh pada saluran pernapasan. Maka dari itu, sebaiknya Anda dan keluarga mengonsumsi air mineral yang cukup guna membantu mengurangi iritasi dan gejala pernapasan.

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap optimal. Tujuannya untuk mencegah dampak buruk polusi udara bagi kesehatan.

Populer video

Berita lainnya