Atasi Jerawat yang Muncul Terus Menerus, Lakukan Cara Simpel Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Jerawat Batu pada Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Munculnya jerawat di wajah memang sangat menjengkelkan. Apalagi jika Anda sudah menggunakan produk perawatan kulit, namun jerawat masih terus menerus muncul.

Sebenarnya bukan kesalahan produk perawatan kulit yang Anda gunakan. Kondisi tertentu juga bisa menyebabkan jerawat muncul. Misalnya stres yang meningkatkan kadar hormon kortisol, sehingga kulit rentan berjerawat.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul terus menerus. Melansir laman Halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Cuci muka dengan baik dan benar

Menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan keringat setiap hari dapat membantu mencegah jerawat. Namun, terlalu sering mencuci muka dapat memperburuk jerawat. Karena itu, cucilah muka tidak lebih dari dua kali dalam sehari. 

Ketahui jenis kulit

Mengetahui jenis kulit dapat membantu Anda menentukan produk yang harus digunakan dan dihindari. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat, hindarilah beberapa produk tertentu.

Contohnya produk dengan bahan aktif seperti asam salisilat, toner eksfoliasi asam salisilat, dan krim retinol dapat merusak pelindung kulit dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

Penuhi cairan tubuh

Kulit yang mengalami dehidrasi akan membuat tubuh memberi sinyal pada kelenjar minyak kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Dehidrasi juga membuat kulit tampak kusam dan meningkatkan peradangan dan perubahan warna. Karena itu, perlu minum air lebih banyak terutama saat cuaca panas ataupun lembap.

Batasi penggunaan makeup

Meskipun kamu mungkin tergoda untuk menggunakan riasan untuk menutupi jerawat, ketahuilah bahwa hal itu dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Bila perlu, jangan menggunakan makeup saat jerawat sedang meradang. 

Anda bisa memilih concealer non komedogenik dan bebas pewangi agar kulit tidak semakin teriritasi.

Batasi menyentuh wajah

Menurut jurnal ilmia rata-rata manusia menyentuh wajahnya sebanyak 23 kali dalam satu jam. Padahal, menyentuh wajah dapat mentransfer bakteri dan kotoran yang menyumbat pori ke kulit.. hal inilah yang membuat jerawat semakin sulit diatasi.

Batasi paparan sinar matahari

Terkena sinar matahari dapat mengeringkan jerawat dalam jangka pendek, tetapi dapat menimbulkan konsekuensi kulit yang tidak diinginkan dalam jangka panjang. 

Terlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat kulit dehidrasi. Seiring waktu kondisi ini menyebab kulit memproduksi lebih banyak minyak dan menyumbat pori-pori. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan tabir surya untuk melindungi kulit.

Populer video

Berita lainnya