Ini Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat yang Aman di Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Atasi Jerawat Batu pada Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jerawat merupakan masalah kulit di wajah yang bisa dialami siapa saja. Guna mengatasinya, akan lebih mudah jika Anda mengetahui lebih dulu penyebab dari munculnya jerawat.

Selain menggunakan obat berbahan kimia, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Melansir laman Hellosehat, berikut beberapa bahan alami yang mudah Anda dapatkan, untuk mengatasi jerawat.

Teh hijau

Teh hijau daoag menjadi obat alami untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Senyawa flavonoid dan tanin di teh hijau diketahui dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya itu, teh hijau juga terkenal dengan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG). EGCC dapat melawan peradangan serta mengurangi produksi sebum (minyak alami) pada muka berjerawat.

Tea tree oil

Minyak pohon teh (tea tree oil) memiliki sifat antibakteri kuat yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamasinya membantu mengurangi peradangan. 

Sebuah studi mengungkapkan bahwa gel yang mengandung 5% minyak pohon teh hampir 4 kali lebih efektif mengempiskan jerawat. Bahkan, minyak ini juga 6 kali lebih efektif meredakan peradangan kulit dibandingkan krim plasebo. 

Cuka apel

Kandungan asam organik di dalam cuka apel, seperti asam laktat dan asam sitrat, disebut dapat membasmi bakteri penyebab jerawat.  Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait penggunaan cuka apel untuk jerawat tertentu.

Ini dikarenakan kandungan asam pada cuka apel cukup tinggi dan bisa menyebabkan iritasi kulit ketika dioleskan langsung ke kulit. 

Madu

Madu untuk jerawat mengandung enzim yang berperan sebagai zat antimikroba. Zat tersebut dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan melawan infeksi pada kulit. Sementara itu, sifat anti peradangan alami dari madu juga membantu mengurangi peradangan dan nyeri. 

Jenis madu yang diklaim ampuh mengobati penyakit kulit ini adalah madu manuka. Sejauh ini, penggunaan masker madu sebagai cara alami menghilangkan jerawat belum ditemukan efek sampingnya. 

Bawang putih

Jenis bumbu yang satu ini mengandung senyawa sulfur alami yang bersifat antibakteri dan anti peradangan. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membantu tubuh melawan infeksi bakteri penyebab jerawat. 

Namun, bawang putih tidak boleh langsung dioleskan ke kulit yang berjerawat karena berisiko iritasi. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengobati jerawat dengan memasukkan ke makanan hari-hari atau meminum sari hangat bawang putih.

Air putih

Manfaat minum air putih untuk menghilangkan jerawat secara alami memang masih menjadi kontroversi. Ini dikarenakan minum air putih tampak seperti solusi yang terlalu sederhana untuk masalah jerawat yang rumit dan sulit diatasi. 

Populer video

Berita lainnya