Cara Mudah Mengatasi Perut Begah karena Kekenyangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kebiasaan setelah Makan yang Buruk untuk Kesehatan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Melihat banyaknya makanan yang tersaji dalam sebuah pesta, terkadang membuat kita lapar mata untuk menyanyapnya semua. Tanpa disadari, makanan yang Anda lahap dengan dengan porsi yang banyak membuat perut terasa kekenyangan alias begah.

Selain merasa kekenyangan, mengonsumsi makanan secara berlebihan juga menyebabkan mual dan kembung, serta risiko terkena obesitas, diabetes hingga stroke. Maka itu, Anda perlu mengetahui cara berikut ini, untuk kekenyangan sebagai bentuk kesadaran setelah makan secara berlebihan.

Langkah ini juga dapat membantu sistem pencernaan bekerja lebih optimal untuk mengolah makanan yang telah dikonsumsi. Melansir laman Alodokter, simak penjelasan berikut ini.

Jalan santai

Salah satu cara mengatasi kekenyangan adalah dengan berjalan santai. Kegiatan ini membantu merangsang sistem pencernaan untuk bekerja lebih optimal, mengurangi gas dalam perut, dan mengontrol gula darah.

Sebaiknya hindari jalan kaki secara berlebihan, karena dapat membuat darah mengalir ke kaki alih-alih ke lambung dan memperlambat proses pencernaan makanan.

Hindari berbaring

Saat merasa kekenyangan, Anda mungkin akan merasa ngantuk dan ingin berbaring atau tidur siang. Nyatanya, langsung berbaring setelah makan justru akan memperlambat proses pencernaan.

Selain itu, berbaring saat kekenyangan juga dapat menyebabkan asam lambung naik dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, tetap duduk tegak sampai makanan Anda turun ke perut dan menjalani proses pencernaan.

Longgarkan pakaian

Ketika kekenyangan, Anda mungkin merasa perut kembung dan sangat penuh. Cara untuk mengatasinya dapat dengan membuka kancing di pakaian atau celana yang menekan perut, serta melonggarkan ikat pinggang.

Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan kembung karena membatasi pergerakan gas di perut, serta menghambat proses pencernaan makanan.

Minum air putih

Minum air putih dapat menjadi cara mengatasi kekenyangan. Minur air dapat membantu tubuh membuang kelebihan garam setelah Anda makan berlebihan. Selain itu, minum air putih juga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan dan mencegah sembelit. Namun, sebaiknya meminum segelas air putih secara perlahan.

Konsumsi yoghurt

Ada berbagai manfaat yang dirasakan setelah mengonsumsi youghurt atau makanan sumber probiotik. Di antaranya memperlancar kerja sistem pencernaan, meredakan mulas setelah makan berlebihan, dan mengurangi gas dalam perut.

Minum teh herbal

Minum teh herbal, seperti teh peppermint, teh chamomile, dan teh jahe dapat menjadi salah satu cara mengatasi kekenyangan. Sebab, teh herbal  mampu membantu sistem pencernaan mengolah makanan dengan lebih optimal, mengurangi gas, dan meredakan kembung. Meski demikian, reaksi setiap orang terhadap teh herbal mungkin bisa berbeda.

Populer video

Berita lainnya