Menguak Manfaat Susu Kedelai bagi Wanita

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Susu Kedelai
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kedelai merupakan sumber protein nabati yang baik. Selain itu, kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang jauh lebih sedikit dibandingkan susu sapi. Bahakn beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk kedelai yang dikombinasikan dengan diet rendah lemak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Ternyata, ada sederet manfaat lainnya dari susu kedelai, khususnya bagi kesehatan wanita. Melansir laman klikdokter, berikut ini beberapa manfaat susu kedelai untuk wanita:

Redakan nyeri haid

Sedang datang bulan dan mengalami nyeri yang lumayan mengganggu aktivitas sehari-hari? Cobalah mengonsumsi susu kedelai. Sebab, susu kedelai mengandung isoflavon yang terbukti dapat membantu meringankan keluhan nyeri haid, terutama yang terjadi akibat penyakit endometriosis.

Gejala lain yang biasanya dirasakan menjelang haid seperti perut kembung, sakit kepala, dan jantung berdebar juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi susu kedelai.

Mengecangkan kulit

Kacang kedelai yang menjadi bahan dasar susu kedelai mengandung senyawa yang disebut aglycones. Senyawa ini berfungsi untuk meregenerasi sel-sel di kulit. Sebuah studi di Jepang melaporkan, konsumsi aglycones sebanyak 40 miligram dalam sehari dari kacang kedelai mampu mengurangi keriput pada wanita berusia 40 tahun ke atas.

Menurunkan berat badan

Susu kedelai hanya mengandung 80–110 kalori. Jumlah ini jauh lebih rendah ketimbang susu sapi. Selain itu, secangkir susu kedelai juga menyimpan 7 gram protein, 5 gram lemak, serta 4 gram karbohidrat. Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan, susu kedelai bisa menjadi pilihan yang sangat tepat sebagai pengganti camilan.

Meringankan gejala pascamenopause

Saat mencapai usia menopause, wanita mengalami sejumlah perubahan pada tubuh. Mulai dari merasakan hot flush alias kegerahan di malam hari, sulit tidur, vagina kering, dan sangat sensitif sehingga mudah tersinggung. Bahkan, tak sedikit wanita menopause yang mengeluhkan perasaan tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Dalam jurnal The JAMA Network, keluhan yang terjadi saat menopause dapat dikurangi dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin. Jadi, bagi Anda yang akan memasuki masa menopause ataupun sudah mengalaminya, cobalah rasakan manfaat susu kedelai untuk wanita dengan meminumnya sebanyak 500 mililiter per hari, setidaknya selama 2 bulan.

Menurunkan risiko kanker payudara

Susu kedelai juga dapat menurunkan risiko terjadinya kanker payudara. Manfaat ini bisa ada berkat kandungan protein yang tinggi di dalam susu kedelai. Minuman ini juga tergolong aman dikonsumsi, bahkan oleh seseorang yang pernah mengalami penyakit kanker sekalipun.

Mengatasi kolesterol tinggi

Manfaat ini bisa diberikan oleh susu kedelai berkat kandungan fitoestrogen di dalamnya.

Menjaga kesehatan otak

Susu kedelai juga berkhasiat untuk otak Anda. Sebetulnya manfaat susu kedelai ini tidak hanya untuk wanita, para pria juga bisa memperolehnya. Susu kedelai kaya akan asam lemak omega-3, yaitu lemak ‘sehat’ yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Asam lemak omega-3 dapat menurunkan risiko demensia dan Alzheimer.

Populer video

Berita lainnya