Jangan Asal! Ini Dampak Buruk Membersihkan Lidah dengan Sikat Gigi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membersihkan Lidah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk selalu menggosok gigi minimal dua kali sehari. Namun bagaimana dengan kebersihan lidah? Ya, tidak banyak orang yang rutin membersihkan lidah. Sekalipun ada, tidak sedikit juga yang justru membersihkannya menggunakan sikat gigi. Padahal cara tersebut cukup berisiko.

Seperti halnya gigi, kebersihan lidah tidak kalah penting. Sebab, lidah dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri, selain pada gusi dan gigi. Di samping itu, kondisi lidah yang kotor juga bisa membuat napas Anda menjadi bau. Bahkan, menurut Journal of the American Dental Association lidah yang bersih dapat menurunkan bau mulut hingga 70%.

Kondisi lidah yang sehat ditandai dengan warna merah muda dengan bintik-bintik kecil bernama papila yang memiliki lapisan putih tipis di atasnya. Namun, apabila lidah Anda berwarna hitam, kuning, putih, atau bahkan merah, hal tersebut bisa menjadi tanda kalau kondisi lidah tidak bersih atau sedang mengalami masalah kesehatan tertentu.

Bagaimana dengan mereka yang membersihkan lidah menggunakan sikat gigi? Ternyata, aktivitas ini malah akan berdampak buruk bagi kondisi lidah dan kesehatan mulut secara keseluruhan. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa dampak buruk jika Anda membersihkan lidah dengan sikat gigi.

Bakteri semakin bertambah

Tujuan dari membersihkan lidah adalah untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menumpuk di permukaan lidah. Namun jika Anda membersihkan dengan cara menyikat lidah dengan sikat gigi, justru akan menekan bakteri pada permukaan semakin masuk ke dalam lidah. Akhirnya, ini bisa memicu bau mulut dan meningkatkan risiko untuk mengalami gangguan kesehatan mulut lainnya.

Menyebabkan muntah

Menyikat lidah dengan sikat gigi bisa membuat Anda mual hingga muntah secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena bakteri pada rongga mulut malah berkumpul di bagian lidah dan kemudian merangsang Anda untuk muntah.

Menurunkan kemampuan perasa lidah

Lidah adalah organ yang berperan sebagai pengecap rasa makanan karena tersusun dari sekitar 10 ribu kuncup pengecap. Kuncup pengecap ini merupakan bagian lidah yang berfungsi menerima rasa dari makanan atau minuman. Dengan adanya kuncup pengecap ini, Anda dapat merasakan setidaknya empat rasa dasar makanan, yaitu manis, asam, asin, dan pahit.

Banyak orang yang tidak sadar telah menyikat lidahnya terlalu keras. Gesekan keras antara sikat gigi dan lidah akan membuat kuncup pengecap menjadi rusak. Sehingga, kemampuan Anda untuk mengecap dan merasakan rasa makanan akan berkurang.

Populer video

Berita lainnya