Tips Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Rasa Cemas
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Cemas merupakan bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak nyaman, takut, atau gelisah. Bentuk emosi ini wajar terjadi dan normal saat stres. Umumnya, perasaan ini akan hilang setelah kondisi yang memicunya sirna. Hanya saja, perasaan cemas berlebih bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi dan menjalankan aktivitas.

Oleh karena itu, sebaiknya tidak membiarkan kecemasan terlalu lama. Untuk mengatasi rasa cemas berlebihan, cobalah lakukan beberapa cara berikut ini, seperti dilansir dari laman hellosehat.

Ambil napas panjang

Cara sederhana ini dapat membantu tubuh Anda mengaktifkan respons relaksasi tubuh, sehingga stres dan kecemasan yang Anda rasakan dapat berkurang. Anda hanya perlu menarik nafas panjang melalui hidung, kemudian menahannya selama beberapa detik. Lalu, hembuskan napas melalui mulut secara perlahan.

Berpikir positif

Satu hal yang bisa membuat rasa cemas memburuk adalah pikiran negatif. Anda mungkin membayangkan skenario terburuk saat menghadapi masalah, padahal belum tentu hal tersebut akan terjadi.

Bila mulai merasakannya, cobalah pikirkan kembali. Misalnya, apakah masalah ini sudah pernah terjadi sebelumnya, apakah skenario yang terbentuk dalam pikiran Anda mungkin terjadi, dan apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya.

Lampiaskan dengan olahraga

Olahraga dapat meningkatkan mood atau suasana hati, sehingga cara ini pun diyakini mampu mengurangi perasaan cemas. Sebab, olahraga bisa menurunkan hormon stres, seperti kortisol. Selain itu, aktivitas fisik ini juga membantu melepaskan endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati dan perasaan senang.

Bicara dengan orang lain

Saat cemas, banyak orang yang memilih menjauh dari orang lain. Padahal, tidak ada salahnya untuk coba mengungkapkan apa yang Anda rasakan pada orang terpercaya. Siapa tahu, mereka punya solusi yang terbaik untuk masalah Anda atau membantu memberikan rasa tenang.

Lakukan hal yang disenangi

Melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan. Hal ini bisa membantu tubuh Anda melepaskan hormon oksitosin, yang merupakan pereda stres dan kecemasan alami.

Pilihlah aktivitas yang Anda sukai, tetapi tetap menyehatkan, seperti nonton film, mendengarkan musik, jalan-jalan, bernyanyi, dan sebagainya. Anda bisa melakukan aktivitas tersebut secara sendirian atau bersama dengan orang terdekat.

Populer video

Berita lainnya