Jangan Asal! Begini Cara Tepat Membersihkan Telinga

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membersihkan Telinga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menjaga kebersihan telinga adalah bagian dari gaya hidup sehat. Sayangnya, tidak sedikit orang yang belum sepenuhnya paham tentang tata cara membersihkan telinga dengan baik dan benar.

Banyak orang berpikir bahwa kotoran telinga itu kotor sehingga harus dibersihkan. Padahal, kotoran telinga merupakan mekanisme alami tubuh untuk melindungi telinga dari benda asing seperti debu, serangga, dan sebagainya agar tidak masuk semakin dalam.

Idealnya liang telinga tidak perlu dibersihkan. Namun, pada kondisi tertentu ketika kotoran telinga menumpuk terlalu banyak, maka perlu dibersihkan. Melansir laman klikdokter, berikut ini cara membersihkan kotoran telinga yang benar:

Hindari penggunaan cotton bud

Selama ini mungkin banyak yang berpikir bahwa cotton bud adalah benda yang aman untuk membersihkan kotoran telinga. Faktanya tidak demikian. Cotton bud justru malah dapat mendorong kotoran telinga semakin jauh ke dalam liang telinga serta bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga.

Gunakan waslap lembap

Alih-alih menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga bagian dalam, Anda bisa memanfaatkan waslap yang sudah direndam air hangat. Namun, Anda masih tetap dapat menggunakan cotton bud hanya untuk membersihkan telinga bagian luar.

Gunakan pelunak kotoran telinga

Earwax softener atau pelunak kotoran telinga dapat dengan mudah Anda temukan dalam bentuk cairan. Earwax softener bisa digunakan sebagai cara mengeluarkan kotoran telinga. Umumnya kandungan pada earwax softener, yaitu minyak mineral, gliserin, hidrogen peroksida, atau cairan saline.

Gunakan beberapa tetes pada liang telinga, tunggu setelah beberapa saat hingga cairan telinga keluar.

Jangan menggunakan benda kecil

Hindari menggunakan benda-benda kecil, seperti tutup bolpen atau jepit rambut, untuk mengambil kotoran telinga. Hal ini bisa saja menimbulkan infeksi pada telinga jika masuk terlalu dalam.

Irigasi dengan spuit

Cara lainnya untuk membersihkan telinga yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan irigasi menggunakan spuit atau jarum suntik. Anda dapat menggunakan cairan saline yang dimasukkan ke dalam spuit untuk membersihkan telinga.

Dibersihkan oleh dokter spesialis THT

Kotoran telinga sebenarnya dapat keluar dari liang telinga dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus, kotoran telinga juga bisa menumpuk dan sulit dikeluarkan. Bila mendapati kotoran telinga menyumbat hingga ke liang terdalam, atau kotoran telinga benar-benar keras dan tidak bisa keluar meski telah dibantu dengan obat, jangan tunda untuk berobat ke dokter spesialis THT.

Populer video

Berita lainnya