Apa Saja yang Perlu Diperhatikan saat Mencukur Rambut?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mencukur Rambut
Foto: Istimewa

Celebrihtink.com – Bercukur membuat Anda lebih segar, bersih, dan terkesan maskulin. Setelah bercukur, biasanya seseorang akan tampak berbeda dibanding sebelumnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mencukur rambut, agar tidak mengganggu kesehatan.

Perlu diingat, jangan asal memendekkan rambut karena hasilnya bisa tidak cocok dengan bentuk kepala atau wajah, bahkan dapat mengganggu kesehatan kulit kepala Anda. Nah, melansir laman alodokter, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mencukur rambut.

Konsultasikan model rambut

Mencukur rambut mengubah penampilan Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, konsultasikan dengan pencukur atau penata rambut mengenai model rambut yang tepat, sesuai dengan tipe rambut dan bentuk wajah Anda.

Waktu bercukur yang tepat

Jika mencukur rambut sendiri di rumah, berkucurlah setelah selesai mandi. Jika bercukur di barber shop, mintalah agar rambut Anda dikeramas terlebih dahulu. Sebab, kulit kepala perlu lembap dan bersih saat akan mencukur rambut. Hal ini untuk memudahkan proses mencukur dan menghindari luka setelah mencukur rambut.

Gunakan krim cukur

Saat bercukur, Anda bisa menggunakan krim cukur yang biasa digunakan untuk mencukur bulu wajah. Krim cukur dapat melembutkan rambut, sehingga lebih mudah dicukur. Selain itu, krim cukur juga menghasilkan busa yang berfungsi sebagai pelindung serta penghalang antara kulit dan mata pisau.

Perhatikan teknik mencukur

Gunakan mata pisau yang baru dan pastikan dalam kondisi tajam. Kemudian, cukurlah searah dengan pertumbuhan rambut. Tidak perlu terburu-buru dalam mencukur rambut dan hindari mencukur beberapa kali pada satu area saja agar kulit kepala terhindar dari luka atau iritasi akibat terkena pisau cukur.

Pertimbangkan alat cukur rambut elektrik

Alat cukur rambut elektrik membuat kegiatan bercukur menjadi lebih cepat. Selain itu, Anda disarankan menggunakan alat cukur rambut elektrik untuk meminimalkan risiko luka atau lecet. Namun sebelum itu, Anda harus mempelajari cara penggunaannya terlebih dahulu.

Populer video

Berita lainnya