Ketahui Basic Manner Ketika Berbicara dengan Orang Lain

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Hubungan Harmonis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagai makhluk zoon politicon, manusia membutuhkan komunikasi dengan sesama karena kecenderungannya hidup berkelompok. Hanya saja, masih banyak yang masih menyepelekan manner  ketika berbicara dengan orang lain.

Bahkan tak sedikit retaknya sebuah hubungan, karena tak memahami posisi orang lain dalam berkomunikasi. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui bagaimana tata cara yang baik dalam berkomunikasi. Setidanya, simak langkah berikut ini ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain.

1. Jangan menceritakan dirimu secara berlebihan saat pertama kali bertemu. Terlebih jika Anda tidak ditanya atau diminta bercerita tentang diri sendiri.

2. Berikan respon kecil kepada lawan bicara, sebagai bentuk penghargaan atas apa yang ia sampaikan. Bisa berupa senyuman atau sekadar anggukkan kepala.

3. Jangan mengadu nasib jika lawan bicara Anda sedang mencurahkan isi hatinya. Cukup dengarkan jika Anda tidak dapat memberikan solusi.

4. Rendahkan atau pelankan suara ketika sedang berbicara, dengan orang yang usianya lebih tua.

5. Jangan sibuk sendiri seperti bermain ponsel, ketika seseorang mengajak berbicara. Jika ada yang penting sehingga harus berhubugan terus dengan ponsel, sampaikan kepada lawan bicara Anda agar tidak tersinggung.

6. Jika lawan bicara memberikan respon singkat atau sedikit jawaban, maka jangan lanjutkan pembahasan itu. Boleh jadi dia tidak ingin membicarakan hal yang Anda utarakan, atau tidak mempunyai waktu untuk bicara.

7. Anda boleh mengkritik seseorang dengan tujuan membangun. Namun jangan mengritiknya di depan umum, dan lebih baik disampaikan secara personal.

Populer video

Berita lainnya