Selain Penyedap Masakan, Ini Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan lengkuas, terutama ibu-ibu yang kerap menemukannya saat mengolah masakah di dapur. Tanaman yang termasuk dalam jenis umbi-umbian atau rempah ini memiliki nama latin Alpinia galanga.

Memiliki bentuk yang mirip dengan jahe atau kencur, tanaman herbal ini memiliki aroma menyengat dan memiliki cita rasa yang pedas. Oleh karena itu, lengkuas kerap menjadi pelengkap masakan, seperti rendang atau kari.

Selain menyedapkan masakan, ternyata lengkuas juga bermanfaat bagi tubuh berkat kandungan di dalamnya, seperti vitamin dan mineral. Lantas apa saja manfaat lengkuas? Melansir laman halodoc, simak penjelasan berikut ini.

Menghilangkan jerawat membandel

Jerawat adalah masalah yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebihan di kulit. Gangguan ini dapat diatasi berkat sifat antiinflamasi yang terdapat di dalam lengkuas. Selain mengatasi jerawat, lengkuas juga efektif mengatasi masalah komedo dan bruntus di wajah.

Meminimalisir radikal bebas

Lengkas terdiri dari berbagai antioksidan yang dapat membantu meminimalisir kerusakan DNA akibat radikal bebas. Selain itu, zat tersebut dapat membasmi komponen toksik yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu jenis antioksidan yang terdapat di dalamnya, yakni flavonoid yang disebut galangin.

Meningkatkan kesehatan rambut

Lengkuas juga efektif meningkatkan pertumbuhan rambut di kulit kepala dengan cara meningkatkan sirkulasi. Caranya dengan membuat jus lengkuas yang dicampur dengan minyak jojoba. Kemudian, oleskan cairan tersebut secara merata di kulit kepala. Diamkan 15 sampai 30 menit, lalu bilas.

Meningkatkan kesuburan pria

Lengkuas dapat meningkatkan kesuburan sperma. Cara kerjanya dengan merangsang spermatogenesis dan meningkatkan jumlah serta motilitas sperma pada hewan pengerat. Sayangnya, belum ada studi terkini pada manusia. Jadi, manfaat yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Melindungi dari infeksi

Ekstrak lengkuas menghasilkan minyak atsiri. Minyak ini efektif mengatasi berbagai infeksi yang terjadi akibat patogen, seperti jamur, ragi, dan parasit.

Mengatasi radang sendi

Lengkuas mengandung flavonoid, tanin, saponin, dan beberapa senyawa fenolik lainnya. Fitokimia ini mampu menunjukkan efek antiinflamasi dan analgesik yang kuat. Hasilnya, tanaman ini mampu membantu mengurangi gejala atau keluhan kesehatan akibat radang sendi yang terjadi.

Meningkatkan imunitas tubuh

Cobalah mengonsumsi air rebusan lengkuas secara rutin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mencegah kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas.

Populer video

Berita lainnya