Ini Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Gigi Sehat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga dengan baik karena memengaruhi kondisi tubuh keseluruhan. Gigi dan mulut sendiri dinyatakan sehat jika struktur jaringan gigi dan mulut dapat berfungsi secara optimal. Organ tersebut juga harus terbebas dari rasa sakit dan gangguan kesehatan.

Salah satu cara untuk menunjang kesehatan gigi dan mulut adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Lantas apa saja makanan itu? Melansir laman halodoc, berikut ulasannya.

Apel

Anda bisa terhindar dari sariawan, gusi berdarah hingga infeksi gusi (periodontitis) berkat kandungan vitamin C dalam buah apel. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen guna membentuk jaringan gusi yang kuat. Selain itu, mengonsumsi satu apel setiap hari dapat membantu membersihkan plak gigi. Apel meningkatkan produksi air liur yang bisa menetralkan asam dari sisa makanan penyebab gigi berlubang.

Jeruk

Jeruk kaya vitamin C dan serat yang dapat memperkuat pembuluh darah dan jaringan pada gusi. Ini dapat menurunkan risiko sariawan, gusi berdarah dan kerusakan jaringan lunak pada mulut. Tak hanya itu, vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gusi akibat radikal bebas dari pemakaian tembakau. Ini bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama jika kamu adalah perokok.

Seledri

Seledri adalah sayuran beraroma segar dengan rasa lembut dan sedikit pedas. Di dalamnya terkandung antioksidan alami berupa vitamin C dan E. Mengunyah seledri mentah dapat merangsang kelenjar untuk memproduksi lebih banyak air liur. Ini berguna untuk menetralkan asam yang dihasilkan bakteri mulut.

Wortel

Vitamin A dan antioksidan dalam wortel meningkatkan produksi air liur. Ini dapat menurunkan risiko gigi berlubang karena air liur membantu membilas asam yang menempel di gigi. Wortel juga mengandung vitamin C yang membantu menjaga kesehatan gusi. Kandungannya lebih banyak didapatkan jika kamu mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan pakcoy mengandung tinggi kalsium yang dapat membantu membentuk enamel gigi. Enamel adalah lapisan terluar gigi yang berguna untuk membantu memelihara kesehatan gigi. Di samping itu, sSayuran hijau juga mengandung tinggi asam folat dan vitamin B. Kandungan keduanya efektif dalam membantu mengatasi peradangan dan penyakit pada gusi seperti sariawan, radang gusi, dan abses gusi.

Populer video

Berita lainnya