Ketahui Penyebab Timbulnya Ruam Kulit di Tangan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Ruam kulit adalah salah satu masalah kulit yang dapat terjadi pada siapa saja. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bercak kemerahan pada kulit, yang biasanya disertai rasa gatal.

Area tangan cukup rentan terkena ruam kulit karena cukup sensitif dan mudah terpapar berbagai zat asing. Jika dibiarkan, ruam kulit dapat mengganggu kenyamanan karena rasa gatal yang ditimbulkan. Melansir laman halodoc, ketahui hal yang dapat memicu timbulnya ruam kulit di tangan.

Alergi

Ruam kulit di tangan bisa disebabkan oleh reaksi alergi. Gejala kemerahan pada kulit ini dapat dipicu oleh berbagai barang yang digunakan sehari-hari. Jika disebabkan oleh zat tertentu, kondisi ini disebut dermatitis kontak alergi. Gejalanya dapat berupa iritasi kulit dan reaksi bintik kemerahan yang muncul selama 2-3 hari.

Kudis (Scabies)

Kudis atau scabies adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh tungau kecil, yang masuk dan berkembang biak di permukaan kulit. Akibatnya, kulit akan bereaksi dengan menunjukkan gejala seperti ruam kemerahan dengan bintik-bintik kecil yang biasanya berisi cairan. Selain itu, kulit juga akan sangat gatal, yang intensitasnya akan meningkat di malam hari.

Neurodermatitis

Neurodermatitis adalah penyakit kulit yang menimbulkan bercak berwarna merah gelap dan menimbulkan rasa gatal. Biasanya penyakit ini menyerang leher, pergelangan tangan, lengan bawah, paha, dan pergelangan kaki. Meski bukan termasuk penyakit menular, kondisi ini sangat mengganggu keseharian dan waktu istirahat jika sedang kambuh.

Creeping Eruption

Creeping eruption adalah penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi larva non human hookworm Ancylostoma braziliense atau Ancylostoma caninum yang berasal dari kucing atau anjing. Larva ini dapat menembus kulit manusia dan menimbulkan gejala berupa lepuhan, kemerahan yang menonjol, dan disertai rasa gatal serta panas. Kondisi ini biasanya terjadi saat berkontak langsung dengan tanah yang terkontaminasi dengan kotoran anjing atau kucing.

Eksim

Kulit yang terkena eksim biasanya akan mengalami bercak kering yang bersisik dan seperti terangkat. Kondisi ini dapat memicu rasa gatal dan rentan mengalami peradangan, apalagi jika digaruk. Jika ruam terus digaruk, biasanya akan muncul cairan dari dalam kulit yang bisa membuat eksim semakin melebar ke bagian kulit yang lain.

Populer video

Berita lainnya