Ini Manfaat Siwak, Salah Satunya Menghilangkan Bau Mulut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Siwak ranting dan batang pohon arak. Tanaman dengan nama latin Salvador persica ini merupakan bahan alami pembersih gigi dan mulut. Siwak mengandung vitamin C, resin, silika, kalsium, fluoride, dan minyak atsiri, yang bermanfaat mencegah plak gigi hingga meningkatkan kesehatan gusi.

Selain itu, siwak juga memiliki efek analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi peradangan serta mempercepat proses penyembuhannya. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa manfaat dari siwak.

Membantu mengatasi gigi berlubang

Ekstrak siwak memiliki efek antibakteri yang berperan aktif dalam melindungi gigi dari plak dan karang gigi. Bakteri dan karang gigi merupakan penyebab gigi berlubang, sehingga membuat gigi cepat rapuh serta rusak.

Melawan kuman dan bakteri berbahaya

Siwak mengandung bahan-bahan bermanfaat, seperti alkaloid yang memiliki efek antibakteri. Dengan bahan itu, siwak mampu melawan kuman dan bakteri berbahaya di mulut secara maksimal.

Membersihkan dan melindungi gigi

Siwak mengandung silika yang merupakan penghilang noda alami. Pemakaian secara rutin tak hanya membersihkan gigi, tapi juga menghilangkan noda kehitaman akibat nikotin dan kopi. Kandungan kalsium, klorida, dan fluorida di dalamnya juga ikut berperan aktif untuk memperkuat gigi.

Menghilangkan bau mulut

Bau pada napas adalah gangguan yang dipicu oleh penurunan produksi air liur. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan siwak berkat kandungan tanin di dalamnya. Nutrisi itu berfungsi sebagai zat alami guna merangsang produksi air liur premolar.

Populer video

Berita lainnya