Buat para Wanita! Ini 5 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Wanita sejak zaman dulu dikenal memiliki perasaan dan kecerdasan yang kuat. Hal itu berkaitan dengan kemampuan mereka dalam komunikasi interpersonal, melakukan banyak tugas dan keterampilan manajemen orang. Maka tak heran selai menjalani tugas-tugas sebagai ibu rumah tangga, banyak perempuan yang juga meniti karir di luar rumah.

Meskipun sains telah membuktikan wanita secara inheren lebih tangguh dalam menghadapi kesulitan daripada pria, namun mereka tetap membutuhkan sistem pendukung lebih baik untuk dapat mengelola sejumlah tanggung jawab pribadi dan profesional yang mereka pikul. Apalagi setahun terakhir ini banyak perubahan hidup yang disebabkan pandemi.

Di samping itu, multi-tasking, beban dari pekerjaan, kompetisi yang didorong perkembangan teknologi, telah mempengaruhi semua aspek kehidupan dan membuat stres. Menanganinya pun bisa menjadi masalah yang agak rumit bagi wanita. Dilansir dari laman Times of India, ada 5 cara yang mungkin dapat membantu mengatasi stress dan kesulitan bagi para perempuan. Namun jika dibtuhkan, penting bagi anda untuk berkonsultasi pada ahlinya.

Memprioritaskan dan mendelegasikan tugas

Seperti seorang ahli, memprioritaskan tugas akan membantu manajemen waktu yang efektif dan penyelesaiannya. Delegasi sendiri merupakan aspek penting lainnya yang sering kali diremehkan dalam menangani beban kerja yang lebih tinggi secara efektif.

Seringkali kurangnya pendelegasian yang efektif dapat menyebabkan penumpukan beban kerja yang tidak terkendali, yang menyebabkan tekanan kerja yang berlebihan, stres, dan kecemasan. Berada di arena pribadi atau profesional, membuat batasan secara efektif, mengambil tugas berdasarkan perencanaan praktis yang dipikirkan dengan matang, dapat membantu menciptakan keseimbangan kehidupan kerja yang santai dan menyenangkan.

Waktu saya yang efektif

Salah satu aspek penting untuk menjaga kesehatan pikiran dan tubuh adalah memanjakan diri dari beberapa aktivitas. Dari memanjakan fisik, mengejar hobi, atau memiliki waktu untuk melakukan apa yang ingin dilakukan. Hal itu dapat menjadi penyembuhan dan terapeutik untuk membantu menciptakan kedamaian mental.

Hal ini juga memungkinkan kesempatan yang sangat baik untuk introspeksi diri ketika seseorang mencobamengatasi situasi sulit, atau hanya mencoba untuk menangani stres.

Olahraga untuk pikiran dan tubuh

Olahraga menjadi salah satu antidepresan yang paling mudah, tetapi seringkali tidak ada dalam daftar kebanyakan orang karena kesibukan yang padat. Bahkan olahraga fisik selama 30 menit sehari seperti berjalan, olahraga bersama teman, dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Selain itu, melakukan yoga dan meditasi dapat membantu membangun pikiran dan tubuh yang lebih sehat. Olahraga ini dapat meningkatkan semangat dan membantu mengelola stres dan kecemasan.

Sistem dukungan sosial yang sehat

Ini terus menjadi aspek penting dan efektid dalam mengatasi stres. Melakukan hobi atau aktivitas sosial secara teratur, dapat membantu menghilangkan stres, membangun kepercayaan diri, hingga mengatasi kesulitan / krisis.

Kehidupan sosial yang sehat dengan sistem pendukung yang efektif. Seperti teman atau keluarga yang bersedia membantu untuk sekadar berbicara, berbagi pendapat atau membimbing, dapat menjadi keuntungan ketika seseorang menghadapi stres atau situasi yang sulit.

Musik

Musik memiliki bahasa universal dan sejak zaman dulu digunakan sebagai metode penyembuhan. Mendengarkan musik setiap hari bisa menjadi terapi karena membuat anda lebih rileks dan tenang, yang kemudian membantu mengurangi kecemasan dan stres. Bahkan musik juga membantu tidur anda lebih nyenyak dan melawan penyakit.

Populer video

Berita lainnya