5 program diet Populer yang Mungkin Buruk untuk Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Apa hal pertama yang anda lakukan saat ingin mengurangi lemak di tubuh? Kemungkinan anda akan mengurangi porsi makan, yang pada akhirnya mencoba menjalani program diet. Namun nyatanya, diet bukanlah menjadi patokan untuk menurunkan berat badan.

Setiap individu memiliki pola makan yang berbeda-beda. Jangan sampai keinginan diet justru menjadi petaka bagi kesehatan anda. Dilansir dari laman Times of India, berikut ini 5 daftar diet yang ngetren di masyarakat, yang mungkin buruk bagi tubuh anda.

Diet paleo

Diet paleo menjadikan seseorang kembali ke masa nenek moyang dulu, dimana anda meninggalkan makanan olahan, dan hanya mengonsumsi umbi-umbian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk hewani. Mungkin terdengar mudah menjalaninya. Tetapi para ahli gizi mengatakan itu adalah ide buruk untuk dilakukan.

Seperti dikatakan sebelumnya, setiap orang memiliki pola dan takaran makan yang berbeda-beda. Apa yang berhasil dilakukan orang lain, belum tentu anda mendapatkan hasil yang sama. Oleh karena itu, pilihlah program diet yang sesuai dengan anjuran ahli, bukan karena terinspirasi dari kesuksesan orang lain.

Diet asam basa

Diet asam basa merupakan metode diet dengan pengaturan pola makan untuk menyeimbangkan pH dalam tubuh, yakni dengan lebih banyak mengonsumsi makanan bersifat alkali (basa) setiap hari. Dengan meningkatkan asupan buah-buahan asam, kacang-kacangan, dan biji-bijian, ini menghilangkan banyak sumber protein dan karbohidrat.

Penurunan berat badan yang didapat mungkin terjadi dengan cepat. Tetapi tubuh tidak mendapat nutrisi yang dibutuhkan. Jelas ini merupakan ide yang buruk untuk dilakukan.

Jus detoks

Mengonsumsi jus dianggap sebagai cara terbaik cepat untuk mendetoksifikasi tubuh, dan penurunan berat badan. Namun anda harus berpikir dua kali untuk melakukannya. Mungkin anda berpikir bahwa mengikuti diet jus detoks dapat membuat anda merasa segar karena nutrisi dari buah dan sayuran. Tetapi manfaatnya hanya bertahan sebentar. Tak lama kemudian, anda akan merasa lelah dan menderita sakit kepala yang ekstrim.

Selain itu, karena anda mengonsumsi sangat sedikit gula dan kalori, tubuh pun menjadi tidak memiliki energi. Jadi, secara keseluruhan, jus detoks mungkin lebih banyak dampak buruknya ketimbang manfaatnya.

Diet 30 hari

Diet 30 adalah metode diet yang dipicu oleh pengguna media sosial, yang ternyata dapat membuat anda kehilangan hingga 15 kg dalam 30 hari. Apa yang disarankan diet ini adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu dan menjaga pola makan anda. Sekali lagi, ini bisa
membahayakan sistem pencernaan dan juga dapat menyebabkan ketidakcocokan hormonal, metabolisme lambat, dan masalah lainnya.

Diet keto

Diet yang cukup populer ini, mungkin juga bisa menjadi masalah jika anda jalani. Banyaknya selebritis yang menjalaninya, mungkin menjadi alasan anda ingin mencoba. Diet ini dilakukan mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, dengan memaksa tubuh mengalami ketosis serta membakar lemak.

Anda mungkin bisa menurunkan berat badan dengan menjalani diet Keto. Tetapi ingat, diet ini menerapkan pola makan rendah karbohidra namun tinggi lemak yang justru mengurangi kualitas makanan yang anda makan. Metode ini juga memaksa tubuh untuk menggunakan lemak esensial sehingga membuat dirinya kelaparan. Anda harus berhati-hati untuk mempertimbangkan hal-hal negatif ini, sebelum menjalankan program menurunkan berat badan.

Populer video

Berita lainnya