Tips Mencegah Kulit Dehidrasi saat Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Saat berpuasa, waktu untuk mengonsumsi air akan menjadi terbatas. Akibatnya, tubuh seringkali mengalami dehidrasi dan dampaknya bisa terlihat pada bibir dan kulit. Padahal, puasa bukan alasan Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan air yang kulit butuhkan untuk tetap sehat.

Kulit yang mengalami dehidrasi berbeda dengan kulit kering yang merupakan tipe kulit. Ketika dehidrasi terjadi pada kulit, biasanya ada sebab eksternal yang menyebabkan perubahan kondisi kulit. Kondisi ini bisa terjadi pada semua tipe kulit karena sebabnya adalah pemasukan air yang kurang ke tubuh.

Oleh karena itu, perlunya memperhatikan asupan cairan, agar kulit tepat segar dan sehat selama berpuasa. Melansir laman halodoc, simakt tips berikut ini.

Memenuhi kebutuhan air selama puasa

Anda bisa mulai dari mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Umumnya, konsumsi air pada suasa adalah dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur. Harapannya, dengan konsumsi yang cukup, kulit bisa tetap lembap dan terhindar dari dehidrasi.

Mengurangi konsumsi kafein ketika sahur dan berbuka

Kafein juga sebaiknya tidak menjadi substitusi kebutuhan air. Kafein adalah penyebab utama dehidrasi karena termasuk diuretik yang berkemampuan untuk mengeluarkan air dari tubuh. Batasi konsumsi kafein dari kopi saat sahur dan buka. Jika tetap ingin mengonsumsi kafein, pastikan bahwa pemasukan air sudah lebih banyak dari yang seharusnya.

Mengonsumsi makanan yang mengandung air

Bahan pangan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung air yang bisa membantu mencegah dehidrasi kulit saat puasa. Contoh-contoh makanan yang bisa kamu makan untuk hidrasi kulit adalah seledri, bayam, semangka, buah beri, dan timun. Selain makanan yang mengandung air, usahakan juga untuk mengurangi makanan yang terlalu manis atau berminyak.

Menggunakan moisturizer atau pelembap kulit

Pelembap kulit adalah produk kesehatan yang mampu untuk mencegah dehidrasi kulit saat puasa. Meski tidak bisa menambah air secara langsung pada wajah, penggunaan pelembap kulit bisa mengunci air dan kelembaban yang ada di kulit.

Merawat kulit dengan masker wajah

Anda juga bisa menggunakan produk lain ketika merasa kulit sudah mulai dehidrasi. Masker wajah atau sheet mask adalah cara yang ampuh untuk menjaga hidrasi kulit.

Masker wajah mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan nutrisi yang tinggi dalam sekali pemakaian. Selain itu, sheet mask juga banyak mengandung cairan yang bisa mencegah hidrasi kulit.

Populer video

Berita lainnya