Lima Desain Baru Project UNIQLO: Peace for All

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Koleksi brand Uniqlo "Peace for All". (Pic by Uniqlo.com)

‘Ini waktunya untuk bertindak atas nama kedamaian’ adalah jargon dari perusahaan retail global asal Jepang, UNIQLO dalam project Peace For All yang diinisiasi pada 17 Juni 2022 lalu. Pada jumat (8/3), UNIQLO mengumumkan lima desain baru pada koleksi Peace For All. Tapi apa itu project Peace For All?

Mengutip dari website UNIQLO bahwa project Peace For All semacam gerakan sosial yang dilakukan oleh UNIQLO bersama pihak yang mendukung mereka. Skema gerakan sosial ini berupa donasi oleh perusahaan induk UNIQLO, Fast Retailing Co., Ltd. memberikan jumlah yang setara dengan keuntungan (tidak kurang dari 20% dari harga jual) secara merata di antara UNCHR, Save the Children Japan, dan Plan International Inc. Artinya jika kita membeli pakaian UNIQLO yang masuk dalam kategori project Peace For All, kita memberikan donasi, sekaligus mempercayakan proses distribusinya oleh UNIQLO dan pihak-pihak yang terlibat.

Lalu apa saja lima desain baru pada koleksi Peace For All?

1. Moomin (novel, buku bergambar, komik)
Kita bisa melihat desainnya melalui laman website UNIQLO https://image.uniqlo.com/. Kaus berwarna merah muda dengan gambar karakter Moomin yang sedang menulis ‘peace’ menggunakan cat berwarna hitam, terlihat sangat menggemaskan. Karakter yang diciptakan Tove Jansson pada Moominvalley ini mengisahkan keluarga Moomin yang ramah dan toleran.

2. Takeshi Yoro (ahli anatomi)

Dengan mengusung konsep perdamaian, desain karya karya Takeshi Yoro, seorang ahli anatomi Jepang dan penulis buku terlaris Baka no Kabe atau Tembok Orang Bodoh ini menampilkan foto seekor kucing disertai dengan kalimat ‘Hope means we can change’.

3. Jason Polan (seniman)

Mendiang Jason Polan, seorang seniman legendaris asal New York ini, hadir dengan ilustrasi unik seseorang yang membawa papan yang muncul dari kantong sebelah kiri t-shirt. Karya ini merupakan bagian dari Every Person in New York. Dalam karya itu, Jason menggambarkan orang-orang yang ia lihat setiap hari dan mengunggahnya ke blog miliknya.

4. Hakujyu Kuiseko (ahli kaligrafi)

Hadir dengan desain tegas berbentuk lingkaran yang tidak sempurna dan tulisan jepang yang bermakna ‘Jika kau perbesar lingkaran, itu adalah dunia. Jika kau perkecil, itu adalah ego’. Lingkaran yang digambar dalam satu tarikan memberi tahu hal-hal kehidupan, juga tentang kondisi hati.

5. Khaled Hosseini (novelis)

Karya Hosseini ditampilkan dalam kaus berwarna biru muda dengan tulisan ‘PEACE’. Huruf A-nya diubah menjadi gambar layangan. Novelis asal Afghanistan ini menceritakan bahwa ia tumbuh besar dengan bermain layang-layang sebelum perang Afganistan, yang mengakibatkannya mesti mengungsi dan kini menjadi Duta Besar Goodwill untuk UNHCR, Badan PBB untuk Pengungsi. Semua koleksi terbaru ini akan tersedia mulai Jumat, 15 Maret 2024 di seluruh toko UNIQLO di Indonesia.

Populer video

Berita lainnya