Awas! Ini Penyebab Gugurnya Pahala Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Selain puasa, Ramadhan menjadi momentum bagi umat Islam untuk berlomba-lomba memperbanyak ibadah. Pasalnya, ada balasan pahala tak terhingga bagi setiap amal kebaikan yang dikerjakan di bulan mulia ini.

Jangan sampai, puasa yang anda kerjakan justru hanya mendapatkan lapar dan haus saja. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan An-Nasa’i, bahwasannya betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga.

Lantas, apa saja hal-hal yang berpotensi merusak pahala puasa? Berikut tiga hal yang dapat menggugurkan pahala puasa.

Menggunggunjing

Melakukan perbuatan yang dapat menggugurkan pahala puasa seperti menggunjing orang lain, melakukan adu domba, juga berbohong. Hal ini sebagaimana telah disabdakan oleh Nabi Muhammad saw dalam hadits yang dirawayatkan Ad-Dailami berikut ini:

“Lima hal yang bisa membatalkan pahala orang berpuasa: membicarakan orang lain, mengadu domba, berbohong, melihat dengan syahwat, dan sumpah palsu”

Bersikap Riya

Riya contohnya ketika seseorang berpuasa dengan tujuan ingin mendapat pujian dari orang lain atau merasa ibadah puasa yang dilakukannya lebih baik dari puasa yang dilakukan orang lain. Selain bisa menggugurkan pahala puasa, sifat riya juga tergolong dalam perbuatan syirik.

Sebagaimana Rasulullah saw bersabda dalah hadist-nya yang diriwayatkan Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Thabrani: “Barang siapa yang berpuasa namun ia riya.”

Berbuka dengan makanan haram

Berbuka puasa dengan sesuatu yang haram dapat menjadi penyebab gugur pahalanya. Adapun makanan haram seperti makanan hasil curian atau sesuatu yang dihukumi najis dalam Islam.

Selain menghilangkan pahala puasa, mengkonsumsi makanan haram juga bisa membuat orang menjadi malas beribadah sehingga akan sangat mudah meninggalkannya.

Populer video

Berita lainnya