Begini Cara Ampuh Mengatasi Mata Merah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mata Merah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mata merah yang disertai perasaan perih bisa jadi disebabkan iritasi. Kondisi ini tentunya dapat mengganggu aktivitas yang sedang Anda kerjakan. Namun tidak perlu khawatir, pasalnya ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi kondisi meta merah. Melansir laman halodoc, berikut penjelasannya.

Kompres mata

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata merah adalah dengan menerapkan kompres mata. Anda bisa menggunakan kombinasi dari air dingin dan hangat untuk membuat mata terasa lebih baik. Caranya:

  • Siapkan dua wadah terdiri dari air dingin dan hangat.
  • Gunakan kain yang lembut untuk dikompres ke area mata.
  • Kompres bagian mata secara bergantian dengan kompres dingin dan hangat selama beberapa menit.
  • Diamkan mata sejenak sambil mengeringkan area yang basah.

Istirahatkan mata

Cobalah untuk menghindari tatapan ke komputer atau gadget dan pejamkan mata untuk sementara waktu. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi nutrisi yang dapat menjaga kesehatan mata. Pastikan juga untuk menghindari berbagai kebiasaan yang berdampak buruk pada mata, seperti merokok.

Penggunaan air mata buatan

Jika rentan mengalami mata merah, pelumasan dengan air mata buatan bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap bersih. Cara ini dapat menjaga kesehatan mata dengan mencegah bagian tersebut kekeringan.

Gunakan obat tetes mata

Ada dua jenis obat tetes mata yang bisa digunakan, yaitu antihistamin dan dekongestan. Pada jenis antihistamin, cara ini direkomendasikan untuk digunakan pada seseorang yang mengidap alergi musiman, sehingga rasa gatal bisa diredam. Sementara jenis dekongestan, tetes mata ini ampuh untuk mengurangi kemerahan.

Jangan menggaruk mata

Hindari menggaruk mata merah meskipun terasa gatal dan tidak nyaman. Semakin sering digaruk, semakin parah kemerahan yang terjadi pada mata. Bahkan, bisa jadi Anda perlu mengistirahatkan mata lebih lama dari seharusnya.

Populer video

Berita lainnya