Ini Makanan Tradisional Indonesia yang Cocok untuk Program Diet Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Diet Sehat Remaja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bukan hanya memiliki kekayaan alam yang indah, Indonesia juga kaya akan aneka kuliner yang menggugah selera. Tak hanya enak, ternyata ada beberapa makanan tradisional yang dapat membantu program diet Anda lho. Jenis makanan ini umumnya terdiri dari sayuran yang menyehatkan dan rendah kalori. Melansir laman halodoc, yuk cari tahu, makanan tradisional apa saja sih yang cocok untuk diet?

Gado-Gado

Makanan khas betawi ini terdiri dari sayuran hijau, tauge, kentang dan telur yang direbus. Seluruh bahan tersebut ditambahkan dengan tahu goreng yang sudah dipotong-potong. Kemudian, semuanya disiram dengan bumbu kacang dan kerupuk.

Biasanya, makanan tradisional yang satu ini disajikan bersama lontong atau nasi. Namun, bila sedang diet, sebaiknya hindari tambahan karbo tersebut. Sebab, dalam satu porsi gado-gado sendiri sudah ada sumber karbohidrat yang berasal dari kentang.

Urap

Makanan khas Jawa ini juga terdiri dari berbagai sayuran rebus, seperti bayam, kangkung, tauge, kacang panjang dan daun singkong. Dalam penyajiannya, urap biasanya dicampur bersama kelapa parut sangrai yang sudah dibumbui.

Umumnya, bumbu yang ditambahkan adalah gula jawa, kencur, terasi bakar, cabe merah, bawang merah dan bawang putih. Semua bahan tersebut dihaluskan dan dicampur ke dalam kelapa parut sangrai. Makanan ini juga sangat cocok kamu makan saat diet karena kandungan seratnya. Bukan itu saja, jumlah kalorinya pun terbilang rendah kalau dibandingkan dengan gado-gado.

Karedok

Makanan yang satu ini mirip dengan gado-gado karena menggunakan bumbu kacang. Bedanya, sayuran pada karedok tidak direbus dan langsung disantap mentah. Karedok termasuk makanan rendah kalori. Dalam satu porsinya saja hanya mengandung 169 kalori sehingga cocok kamu konsumsi saat diet.

Pecel Sayur

Sebagian besar makanan khas Indonesia memang erat kaitannya dengan bumbu kacang, seperti pecel sayur. Bedanya dengan gado-gado, kacang untuk bumbu pecel tidak digoreng terlebih dahulu. Selain itu, bumbu yang digunakan pun berbeda. Bumbu pecel menggunakan kacang tanah yang tidak digoreng, kencur, gula merah, garam, cabai, dan daun jeruk.

Pepes Tahu

Makanan ini juga lezat dan tentunya rendah kalori. Menu yang satu ini dibuat dengan cara mengukus tahu yang sudah dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang.

Tahu sendiri terbuat dari kacang kedelai yang mengandung isoflavon. Sejenis antioksidan tersebut digadang-gadang mampu mencegah kanker, menurunkan risiko diabetes, sampai menurunkan risiko penyakit jantung.

Populer video

Berita lainnya