Tak Hanya Menyegarkan, Ini Manfaat Mandi Air Hangat yang Bisa Anda Rasakan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mandi Air Hangat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mandi dengan air hangat bukan hanya terasa menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Nyatanya, banyak manfaat yang bisa dirasakan saat mandi dengan air hangat. Melansir laman sehatQ, simak penjelasan seputar manfaat mandi dengan air hangat yang bisa Anda rasakan.

Meredakan pilek dan batuk

Salah satu manfaat mandi air hangat di pagi dan malam hari adalah meredakan pilek serta batuk. Pasalnya, suhu hangat dari air dan uap dapat membantu membuka saluran udara, mengencerkan dahak, serta membersihkan saluran hidung.

Membersihkan debu dan minyak dari pori-pori

Air hangat yang mengucuri tubuh dapat membuka pori-pori kulit memungkinkan debu dan minyak yang terperangkap di sana untuk dibersihkan.

Baik untuk relaksasi otot

Mandi dengan air hangat membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Hal ini dapat memberikan sensasi menenangkan pada tubuh yang kelelahan sehabis beraktivitas seharian di luar rumah. Selain itu, mandi air hangat juga bisa meredakan ketegangan pada tubuh.

Meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah

Berdasarkan sebuah ulasan terkait hidroterapi pada North American Journal of Medical Sciences, mandi air hangat bisa meningkatkan aliran darah pada penderita gagal jantung kronis. Manfaat ini bisa dirasakan karena pembuluh darah dapat melebar ketika terpapar dengan suhu tinggi.

Sebuah studi dalam European Journal of Applied Physiology mencoba mendalami efek mandi air hangat terhadap kekakuan arteri (arterial stiffness), yaitu kondisi saat arteri menjadi kurang fleksibel. Kondisi ini perlu diwaspadai karena berperan besar dalam memicu penyakit aterosklerosis, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Hasil dari studi tersebut menemukan, gejala kekakuan arteri dapat diredakan pada partisipan yang merendam kaki dan tungkai bawah mereka dalam air hangat selama 30 menit.

Meningkatkan kesehatan otak

Mandi dengan air hangat diyakini mampu meningkatkan kesehatan otak. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dalam International Journal of Hyperthermia. Namun, masih dibutuhkan riset-riset lanjutan untuk membuktikan temuan tersebut.

Meredakan demam

Mandi air hangat saat demam dipercaya bisa menurunkan suhu tubuh yang tinggi.
Sebaliknya, Anda disarankan untuk tidak mandi dengan air dingin ketika sedang demam. Alasannya, berendam di air dingin justru bisa membuat organ-organ tubuh menghangat.

Mengatasi flu

Mandi air hangat saat flu dianggap baik karena suhu hangat air dan uap dapat melembapkan saluran hidung dan membuat rileks. Apabila flu membuat pusing, cobalah mandi uap sambil duduk di kamar mandi dan membasuh badan dengan kain hangat (sponge bath).

Meredakan nyeri dan pembengkakan pada persendian

Menurut The Arthritis Foundation, manfaat mandi air hangat dicampur garam, khususnya garam Epsom, bisa membantu meredakan nyeri dan pembengkakan pada persendian. Ditambah lagi, suhu hangat dapat meringankan rasa sakit.

Meningkatkan kualitas tidur

The National Heart, Lung, and Blood Institute Amerika Serikat merekomendasikan mandi air hangat sebelum tidur sebagai cara untuk meningkatkan kualitas tidur. Manfaat ini bisa didapatkan karena air hangat mampu membuat tubuh rileks saat mandi dan menurunkan suhu tubuh setelahnya.

Populer video

Berita lainnya