10 Barang Pribadi yang Tidak Boleh Anda Pinjamkan ke Orang Lain

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Barang Pribadi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada beberapa peralatan pribadi yang sebaiknya tidak anda pinjamkan ke orang lain. Pasalnya barang pribadi yang anda pinjamkan bisa saja menjadi media tempat berpindahnya berbagai miroorganisme penyebab penyaki. Terlebih di kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Guna mencegah atau meminimalkan risiko terjadinya penularan berbagai penyakit, anda disarankan untuk tidak meminjamkan atau menggunakan bersama-sama benda-benda di bawah ini, seperti dilansir dari laman alodokter.

Pakaian

Jika pakaian tidak dicuci dengan benar, kuman bisa menyebar ke pakaian lain yang dicuci bersamaan. Penting untuk mengganti pakaian tiap hari dan tidak meminjamkannya kepada orang lain, terutama untuk pakaian dalam, baju olahraga, dan baju untuk memasak.

Handuk

Handuk yang digunakan oleh lebih dari satu orang dapat meningkatkan risiko pertukaran kuman di antara orang-orang yang menggunakan handuk tersebut. Jadi, selalu bawa handuk sendiri tiap kali bepergian atau berolahraga untuk mencegah penularan kuman dan virus dari orang lain.

Selain itu, penggunaan handuk bersamaan dengan orang lain juga bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur, terutama jika handuk tersebut sebelumnya digunakan oleh orang yang memiliki penyakit infeksi jamur di kulit.

Sikat gigi

Sikat gigi yang digunakan oleh lebih dari satu orang berisiko meningkatkan penularan penyakit akibat infeksi virus, seperti HIV, hepatitis B, dan hepatitis C. Jadi, jika anda lupa membawa sikat gigi saat menginap atau bepergian ke luar kota, sebaiknya membeli sikat gigi baru.

Alat cukur

Kulit yang terkelupas dan mengeluarkan darah merupakan salah satu hal yang umum terjadi ketika seseorang mencukur bulu, rambut, atau jenggot. Oleh karena itu, sama seperti sikat gigi, alat pencukur juga tidak boleh dipinjamkan kepada orang lain karena bisa menjadi media penyebaran penyakit tertentu, seperti HIV, hepatitis B, dan hepatitis C.

Gunting kuku

Berjalan tanpa alas kaki di kamar mandi umum dapat menimbulkan risiko terkena jamur kuku. Begitu pula dengan menggunakan pemotong kuku secara bergantian dengan orang lain yang lebih dulu terkena jamur.

Sisir

Kurap dan kutu bisa menyebar dan menular dengan mudah lewat sisir yang digunakan secara bergantian. Begitu juga dengan penggunaan helm dan topi yang digunakan lebih dari satu orang. Jika anda sering bepergian dengan ojek atau menggunakan helm yang dipakai banyak orang, ada baiknya kamu mengenakan pelindung rambut dan kulit kepala, seperti shower cap atau hair net.

Earphone

Infeksi pada saluran telinga bagian luar dapat disebabkan oleh pemakaian earphone yang tidak bersih atau sering digunakan secara bergantian. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, infeksi ini dapat meluas dan mengakibatkan sakit telinga, bahkan gangguan pendengaran.

Sex toys

Barang yang tidak boleh dipinjamkan ke orang lain berikutnya adalah sex toys. Sebab jika anda meminjamkan barang pribadi ini ke orang lain, kamu bisa berisiko untuk terkena penyakit menular seksual.

Pada wanita misalnya, risiko untuk terkena vaginosis bakterialis dan infeksi HPV dapat meningkat jika berbagi sex toys dengan orang lain yang memiliki riwayat penyakit tersebut.

Alat make-up

Infeksi mata, seperti konjungtivitis, dapat menular dengan mudah melalui alat make-up yang digunakan secara bergantian. Bahkan, kebiasaan yang terlihat sederhana, seperti meminjam dan menggunakan pelembap bibir (lipgloss) atau lipstik milik sahabatmu juga dapat meningkatkan risiko penularan penyakit herpes. Untuk itu, guna meminimalkan risiko infeksi sebaiknya jangan meminjam atau menggunakan make-up milik orang lain.

Populer video

Berita lainnya