Ketahui Cara Mencintai Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Bermakna

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Self Love
Foto: Istimewa

Celebrithink.comSelf love merupakan upaya mencintai diri sendiri sepenuhnya. Baik dalam mencintai kelebihan maupun kekurangan diri sendiri.

Fenomena tersebut bisa saja menimbulkan dampak negatif ketika seseorang jalani kehidupannya. Misalnya mengabaikan apa yang mental dan fisik butuhkan seperti kurang istirahat karena hanya berfokus pada pikiran negatif yang ada di kepala.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menerima dan mencintai diri sendiri agar hidup makin bermakna. Melansir laman halodoc, berikut cara mencintai diri sendiri yang perlu Anda ketahui.

Setop bandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain tidak ada gunanya. Sebab, setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Alih-alih membandingkan diri dengan orang lain, fokuslah membangun dan memperbaiki diri sendiri untuk mencapai apa yang Anda impikan.

Berani katakan tidak

Penting bagi Anda untuk memberanikan diri mengatakan tidak. Sebab, ini adalah cara yang bagus untuk lebih menghargai dan mencintai diri sendiri.

Namun, jika Anda perlu mengatakan iya, Anda dapat mengatakannya sembari memberikan batasan. Misalnya, saat Anda berbicara dengan atasan. Ketika Anda menyetujui pekerjaan di luar tanggung jawab, Anda bisa menerimanya dengan memberikan penjelasan kapan bisa menyelesaikannya.

Ingatkan diri sendiri

Mengingatkan yang dimaksud adalah bagaimana Anda memberitahu kalau dirimu sangat berharga. Sebab, hampir setiap orang pernah terjebak dalam self talk atau dialog internal dengan diri sendiri, secara negatif.

Agar terhindar dari pikiran negatif tersebut, ingatkan pada diri sendiri tentang seberapa berharganya dirimu. Anda juga dapat meninggalkan catatan di sekitar rumah yang menunjukkan hal yang paling disukai dari diri sendiri.

Berbuat baik pada diri sendiri

Penting untuk senantiasa berbuat baik kepada diri sendiri, dengan melakukan berbagai hal. Misalnya memperhatikan kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Selain itu, tak ada salahnya merayakan dan memberi apresiasi terhadap diri sendiri. Contohnya memanjakan tubuh dengan melakukan pijat setelah menjalani hal berat seperti ujian.

Populer video

Berita lainnya