Yuk Sama-Sama Tanggulangi Pencemaran Udara dari Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menanam Pohon
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kepedulian terhadap lingkungan sangat penting. Apalagi, hal itu dapat mempengaruhi kualitas udara. Terlebih di ibukota, dimana kualitas udara menjadi topik yang hangat diperbincangkan. Ya, sebagian besar polusi udara mungkin berasal dari industri dan perusahaan di luar kendali kita. Namun, masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas udara. Upaya itu bisa Anda mulai lakukan dari rumah. Melansir laman halodoc, berikut cara-caranya.

Hemat Energi

Menghemat penggunaan listrik di rumah, merupakan salah satu cara menanggulangi pencemaran udara yang paling sederhana yang bisa dilakukan. Pasalnya, pembangkit listrik di Indonesia masih banyak menggunakan bahan bakar fosil.

Selain karena jenis energi tersebut tidak bisa diperbarui, penggunaan bahan bakar tersebut juga berkontribusi pada pencemaran udara. Hasil pembakaran bahan bakar fosil akan menghasilkan polutan udara.

Hindari Pembakaran di Rumah

Pembakaran bahan bakar padat seperti membuat api secara terbuka atau tungku pembakaran kayu bisa berdampak pada polusi udara secara signifikan. Karenanya hindari membakar daun dan sampah di halaman rumah atau taman.

Kurangi Konsumsi Daging dan Susu

Hubungan antara mengonsumsi daging dan produk susu dengan kualitas udara memang tidak langsung terlihat jelas. Namun para ilmuwan menemukan bahwa peternakan adalah penghasil polusi udara terbesar sebanyak lebih dari 50 persen. Peternakan sapi bertanggung jawab atas sejumlah besar emisi amonia, yang menyebabkan polusi tidak hanya di udara tetapi juga ke permukaan dan air tanah.

Tanam Tumbuh-tumbuhan di Rumah

Tidak hanya bisa menyegarkan pikiran, menanam tumbuh-tumbuhan di rumah juga bisa menjadi cara menanggulangi pencemaran udara dari rumah. Tanaman membantu membersihkan udara di sekitar dengan cara mengonsumsi karbon dioksida atau CO2.

Populer video

Berita lainnya