Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Sayang jika Dilewatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Jeruk Nipis
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jeruk nipis merupakan buah yang termasuk dalam keluarga jeruk. Makanan ini merupakan sumber antioksidan yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan nutrisi yang menyehatkan, seperti kalium, berbagai vitamin (A, B, C, dan D), kalsium, dan juga magnesium. Melansir laman halodoc, berikut adalah beberapa manfaat jeruk nipis yang sayang jika dilewatkan.

Meremajakan kulit

Hal ini karena jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang mampu memperkuat kolagen. Dengan rutin mengonsumsi air jeruk nipis dapat menghidrasi tubuh yang sangat baik bagi kecantikan kulit serta meremajakan bagian terluar dari tubuh tersebut.

Meningkatkan sistem Pencernaan

Jeruk nipis memiliki sifat asam yang dapat membantu air liur untuk memecah makanan di pencernaan dengan lebih baik. Kandungan flavanoid pada jeruk nipis juga dapat merangsang sekresi cairan pencernaan. Dalam mengatasi sembelit, keasamannya dapat membersihkan sistem ekskresi serta merangsang usus untuk bekerja lebih efektif.

Membantu menurunkan berat badan

Jeruk nipis dikenal dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat yang dapat meningkatkan metabolisme, membuat kalori lebih banyak terbakar, serta meminimalisir penyimpanan lemak. Tentunya hal ini harus dibarengi oleh olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

Mengurangi risiko penyankit jantung

Jeruk nipis kaya akan kandungan magnesium dan potasium yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kalium memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan dan siruklasi darah. Dengan begitu, risiko untuk alami penyakit jantung lebih kecil. Selain itu, senyawa limonin pada jeruk nipis juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Populer video

Berita lainnya