Ini Beberapa Penyebab Lidah Terasa Pahit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Lidah Terasa Pahit
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pada umumnya lidah yang terasa pahit tidak berbahaya. Dalam istilah medis, kondisi tersebut dikenal dengan sebutan disgeusia. Meski begitu, rasa pahit di lidah juga bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan. Melansir laman alodokter, berikut ini beberapa penyebab yang membuat lidah terasa pahit.

Dehidrasi

Dalam beberapa kasus, rasa pahit di lidah dapat disebabkan oleh dehidrasi. Kondisi ini membuat mulut terasa kering dan mengganggu fungsi indra pengecap, sehingga lidah bisa terasa pahit.

Mulut kering

Kondisi ini ditandai dengan menurunnya produksi air liur. Kurangnya air liur dapat mengubah rasa dalam mulut dan biasanya menjadi lebih pahit. Mulut kering dapat disebabkan oleh penuaan, penyakit autoimun, kebiasaan merokok, dan sindrom Sjogren.

Kehamilan

Wanita hamil sering kali merasakan pahit atau sensasi rasa logam di mulutnya. Hal ini diduga akibat adanya perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan serta indra penciuman dan pengecap yang lebih sensitif selama hamil.

Konsumsi obat-obatan

Sisa obat-obatan tertentu yang telah diserap oleh tubuh bisa dilepaskan ke dalam air liur, sehingga menyebabkan lidah terasa pahit. Jenis obat-obatan dan suplemen yang dapat menyebabkan lidah terasa pahit adalah antibiotik, obat jantung, dan suplemen yang mengandung besi, kromium, atau tembaga.

Penyakit asam lambung

GERD atau penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan, bahkan hingga ke mulut. Kondisi ini bisa menyebabkan mulut terasa asam atau pahit. Penyakit asam lambung umumnya dipicu oleh beberapa hal, seperti kebiasaan merokok, konsumsi kopi atau minuman beralkohol dan makanan berlemak secara berlebihan, serta efek dari konsumsi obat-obatan misalnya aspirin.

Infeksi

Ketika mengalami infeksi, tubuh secara alami akan melepaskan protein untuk mengatasi peradangan. Protein tersebut diduga berperan dalam perubahan struktur pada lapisan indra pengecap, yang menyebabkan terjadinya peningkatan kepekaan terhadap rasa pahit.

Populer video

Berita lainnya