Ini Alasan Pentingnya Kuliah yang Perlu Siswa Tahu

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kuliah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Sebagai generasi muda, perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman yang luas. Apalagi nasib sebuah negara ke depannya berada di tangan generasi muda.

Untuk mendapatkan itu semua, tentunya diperlukan pendidikan yang lebih tinggi, yakni perkuliahan. Namun sayang, banyak yang enggan kuliah, baik karena faktor ekonomi maupun ingin langsung bekerja. Nah, berikut ini alasan atau manfaat yang bisa didapatkan jika berkuliah.

Prospek kerja lebih luas

Memilih beberapa jurusan perkuliahan membuat seseorang lebih fokus untuk mencari prospek kerja yang sesuai dengan jurusan. Ketimbang sekadar lulusan SMA/SMK saja, lulusan perguruan tinggi tentu punya peluang lebih besar dalam mencari pekerjaan.

Menambah pengetahuan dan keterampilan

Menempuh pendidikan di bangku kuliah membuat Anda mendapatkan wawasan atau pengetahuan yang lebih dalam. Selain itu, Anda juga akan lebih leluasa meningkatkan keterampilan yang berguna untuk meniti karier dan membuktikan kompetensi kita dalam bidang tersebut.

Peluang karir lebih terbuka

Perkuliahan membuka peluang karier yang lebih besar. Dengan satu jurusan kuliah saja, Anda bisa melamar berbagai profesi yang dibuka oleh sebuah perusahaan atau instansi sesuai dengan prospek kerja yang dimiliki oleh jurusan perkuliahan.

Mengembangkan Minat

Menurut survei yang dilakukan Times Higher Education, alasan utama siswa berkuliah karena ingin mempertajam bidang yang dipelajari. Selama berkuliah, dosen akan menerangkan suatu obyek dan membahasnya lebih dalam. Dari penjelasan dosen tersebut dapat menemukan minat dan bakat secara lebih mendalam.

Kesempatan Memiliki Banyak Teman

Kuliah juga membuat Anda dapat menemukan relasi baru dan membuka jaringan pertemanan dengan luas. Kalian juga akan belajar dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sama dengan kalian.

Karena kesamaan latar belakang tersebutlah, kalian dapat bertukar informasi dan berbagi pengalaman untuk mendapatkan banyak kesempatan dan belajar hal-hal baru.

Populer video

Berita lainnya