Tips Time Management Pekerja Kantoran untuk Mencegah Burnout

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Atasi Burnout
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tantangan, kesulitan dan hambatan pasti pernah dihadapi para pekerja dalam menyelesaikan tugasnya. Pada akhirnya, rasa lelah dan stres menjadi hal yang tak terelakkan. Bahkan dapat berujung pada burnout.

Burnout merupakan perasaan kewalahan baik secara mental, fisik, maupun emosional. Salah satu gejala burnout adalah merasa lelah tanpa alasan. Karena itu, burnout yang berkaitan dengan pekerjaan perlu dicegah agar tidak menurunkan produktivitas. Melansir laman halodoc, berikut beberapa tips time management pekerja kantoran yang dapat diterapkan untuk menghindari burnout.

Beranikan diri untuk bilang ‘tidak’

Untuk menerapkan manajemen waktu yang baik adalah dengan memberanikan diri untuk bilang ‘tidak’. Terutama ntuk tugas di luar tanggung jawab. Sebab, mengerjakan segala tugas atau pekerjaan yang ada di luar tanggung jawab, tentunya membuat beban kerja semakin menumpuk.

Membuat jadwal yang realistis

Cobalah untuk merencanakan jadwal sebelum memulai pekan Anda, dan pastikan segala to do list atau kegiatan yang akan dilakukan realistis. Berusahalah untuk membuat durasi waktu pada setiap kegiatan pada hari-hari mendatang.

Hindari menunda pekerjaan

Penting bagi Anda untuk tidak menunda pekerjaan. Sebab, menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan semakin menumpuk dan tenggat waktu setiap pekerjaan yang perlu Anda selesaikan semakin sempit. Hal ini tentunya dapat menimbulkan perasaan panik dan cemas, sehingga kamu pada akhirnya akan menyelesaikan pekerjaan dengan terburu-buru.

Pahami tips untuk mengelola stres

Pahami beberapa tips lain untuk mengelola stres. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti rutin berolahraga. Sebab, aktivitas fisik dapat memompa endorfin perasaan baik dan bahan kimia saraf alami lainnya yang meningkatkan rasa sejahtera pada pikiran.

Populer video

Berita lainnya