Segarnya Timun Suri untuk Berbuka Puasa, Ini Manfaatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Timun Suri
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jangan heran jika Anda akan menemukan banyak yang menjajakan timun suri di bulan Ramadan. Ya, timun suri memang menjadi salah satu makanan yang identik dengan bulan puasa. Kerap disajikan sebagai menu berbuka, sensasi rasa segar timun suri dapat membantu melepas dahaga setelah seharian berpuasa.

Timun suri mengandung banyak air dan memiliki daging buah yang lembut, sehingga banyak dipilih untuk campuran buah pada menu es buah untuk berbuka puasa. Selain itu, buah yang satu ini ternyata juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Melansir laman halodoc, berikut di antaranya.

Membantu melegakan tenggorokan

Tidak minum selama seharian penuh tentunya membuat tenggorokan terasa kering. Sehingga tak sedikit orang yang langsung berbuka dengan minum minuman dingin. Padahal, minuman dingin tidak baik untuk tenggorokan kering karena dapat mengakibatkan radang. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi minuman hangat saat berbuka.

Supaya terlindungi dari radang tenggorokan yang mengganggu, Anda bisa mengonsumsi timun suri saat buka puasa. Buah ini bisa dicampurkan dengan es buah atau langsung dimakan. Timun suri akan membantu melegakan tenggorokan sekaligus mengurangi bahaya penyakit radang tenggorokan yang rentan menyerang ketika bulan puasa.

Menghidrasi tubuh

Kurangnya asupan cairan ketika berpuasa menyebabkan tubuh rawan dehidrasi. Nah, kandungan air yang melimpah pada buah timun suri bisa membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa, sehingga Anda bebas dari dehidrasi.

Melancarkan pencernaan

Timun suri kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Jadi, bila Anda merasa susah buang air besar atau memiliki masalah dengan lambung, buah ini sangat baik untuk kamu konsumsi.

Sumber antioksidan

Timun suri kaya akan vitamin C, lignan, flavonoid, dan beta karoten yang berperan sebagai zat anti-inflamasi. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacist mengungkapkan, buah yang termasuk dalam golongan Cucurbitaceae—termasuk timun suri—disinyalir memiliki kandungan antioksidan yang memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Membantu cegah penyakit alzheimer

Tak hanya vitamin C, timun suri juga ternyata kaya akan vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang dan sendi. Selain itu, vitamin K juga disinyalir berfungsi sebagai obat untuk mencegah terjadinya kerusakan neural pada otak yang mengacu pada terjadinya penyakit Alzheimer.

Populer video

Berita lainnya