Simak Tips Snorkeling untuk Para Pemula

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Snorkeling
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Snorkeling adalah olahraga yang tidak hanya membuat tubuh bergerak aktif, tetapi juga memungkinkan kita untuk melihat dunia bawah laut. Meski tidak sedetail diving, snorkeling cukup menyenangkan dan mengobati rasa penasaran akan misteri dunia bawah laut.

Meski termasuk olahraga air yang aman dilakukan, tetap dibutuhkan perhatian khusus bagi para pemula yang ingin menjajal olahraga snorkling. Melansir laman halodoc, simak tips snorkeling untuk pemula.

Ketahui Cara Menggunakan Peralatan Snorkeling

Pertama-tama pasang masker di atas mata dan ikat elastis belakang kepala. Pastikan tidak ada lilitan dan tali yang tidak rata dekat telinga. Tali masker harus pas di sekitar area kepala untuk memastikan masker tidak terlepas saat kamu bergerak di dalam air.

Tarik Napas Dalam-Dalam untuk Membantu Rileks

Selama snorkeling Anda akan bernapas menggunakan mulut. Mengingat hal ini bukan sesuatu yang biasa dilakukan, tak menutup kemungkinan Anda akan merasa panik. Namun, Anda harus tetap rileks dan jangan sampai kehabisan napas. Menarik napas dalam-dalam akan membantu kamu tetap rileks sembari menikmati keindahan bawah laut.

Jangan Menyentuh Batu Karang

Karang adalah organisme hidup, jadi jangan menyentuh atau berdiri di atasnya. Menjaga perilaku selama di bawah air sangat perlu diperhatikan untuk keberlangsungan organisme bawah air.

Wajib Menggunakan Pelampung

Sangat disarankan agar perenang snorkel menggunakan perangkat pelampung. Beberapa rompi pelampung dilengkapi dengan fitur yang memungkinkannya digembungkan melalui mulut untuk menambah daya apung.

Mengamati Kondisi Cuaca

Kondisi optimal untuk snorkeling adalah ketika laut tenang. Walapun dengan prediksi cuaca cerah, penting untuk memeriksa sendiri apakah perairan kondusif untuk snorkeling atau tidak. Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama snorkeling.

Mengetahui Lokasi Snorkeling

Ketahui lokasi tempat melakukan snorkeling. Pelajari sebanyak mungkin tentang tujuan snorkeling. Awasi lingkungan dan pastikan tidak ada banyak gelombang. Ikuti semua peraturan keselamatan, dan usahakan selalu waspada.

Jangan Memaksakan Diri

Ketahui batasan diri, ingatlah kalau ini pengalaman baru. Jika terlalu lelah untuk menyelesaikannya, atau hanya merasa tidak nyaman, Anda bisa menghentikan snorkeling kapan saja.

Populer video

Berita lainnya