Ingin Awet Muda? Anda Bisa Lakukan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Awet Muda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tua adalah keniscayaan bagi semua orang. Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, hingga bercak atau flek muncul. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penuaan dini. Dilansir dari laman alodokter, berikut ini beberapa cara mencegaan penuaan dini yang bisa anda lakukan.

Pola makan sehat

Langkah utama dan paling mudah agar tetap awet muda adalah menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Adapun beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi agar terlihat awet muda:

  • Buah-buahan, seperti pepaya, alpukat, dan delima
  • Kacang-kacangan, misalnya almond dan walnut
  • Minyak sehat, seperti virgin coconut oil dan minyak zaitun
  • Sayuran, seperti selada air, brokoli, dan bayam
  • Cokelat hitam

Tak hanya mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral, berbagai makanan di atas juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, makanan kaya kolagen, seperti sumsum tulang sapi dan ceker ayam, juga baik untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Rutin olahraga

Seiring pertambahan usia, kulit akan mulai mengendur karena produksi kolagen menurun dan massa otot berkurang. Proses penuaan bahkan berjalan lebih cepat bila anda kurang aktif bergerak. Nah, rutin olahraga dapat membangun jaringan otot dan mencegah kulit menjadi kendur.

Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama kesehatan jantung, otak, dan tulang. Dengan demikian, anda dapat terhindar dari beragam penyakit akibat penuaan, seperti penyakit jantung, osteoporosis, dan demensia.

Istirahat yang cukup

Mencukupi waktu tidur setidaknya 7–9 jam setiap hari penting dilakukan untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan tidak cepat mengalami penuaan. Dengan tidur yang cukup, jaringan tubuh dan kulit akan mengalami regenerasi dengan lebih baik sehingga kulit bisa tetap kencang dan segar.

Rutin bersihkan kulit wajah

Perawatan kulit tidak harus mahal. Anda cukup rutin membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dan gunakan pelembap. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar rumah.

Pelembap dapat menjaga kulit agar tidak cepat kering atau keriput, sedangkan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat merusak kulit. Dengan meggunakan keduanya, kulit akan tetap sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini serta beragam masalah kulit lainnya, seperti hiperpigmentasi dan kanker kulit.

Memenuhi cairan tubuh

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Kebiasaan baik ini bisa membuat kulit senantiasa lembap dan bercahaya serta terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam membuang racun.

Kurangi stres

Saat merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini. Selain itu, stres juga bisa membuat Anda susah tidur atau kurang menjaga pola makan, sehingga dapat memicu penuaan.

Populer video

Berita lainnya