Menilik Arti Warna Biru Berdasarkan Psikologi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Warna Biru
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Arti biru yang paling umum biasanya dianggap warna yang identik dengan pria. Sementara merah muda sebagai warna yang identik dengan wanita. Dalam Bahasa Inggris, kata biru atau “blue” digunakan sebagai konotasi untuk menggambarkan kesedihan, perasaan depresi ,atau masa suram. Lantas apa arti warna biru menurut psikologi?

Sejarawan Denis Dutton mencatat bahwa warna favorit di dunia adalah biru. Melansir laman sehatQ, berdasarkan psikologi, arti warna biru bisa diinterpretasikan ke dalam beberapa hal:

Tenang dan damai

Biru sering dipandang sebagai warna yang tidak mengancam, terkesan konservatif, dan tradisional. Selain itu, arti warna biru juga mengingatkan pada perasaan penuh ketenangan,sehingga biru diartikan sebagai warna yang damai, tenang, aman, dan teratur.

Stabil dan andal

Arti warna biru lainnya adalah sebagai tanda stabilitas dan keandalan. Karenanya warna ini sering digunakan sebagai logo bisnis atau atau bagian dari periklanan dan pemasaran untuk memproyeksikan kondisi bisnis yang stabil.

Perasaan sedih

Arti warna biru selanjutnya adalah perasaan sedih, kesepian, atau menyendiri. “Feeling blue”, “Blue monday,” atau “Baby blues” dapat digunakan untuk menggambarkan perasaan atau kondisi yang penuh kesedihan dan kesuraman.

Keamanan

Efek menenangkan dari warna biru juga dapat berkaitan dengan arti warna biru sebagai pemberi rasa aman. Sebuah laporan di Inggris dan Jepang mengungkapkan bahwa penggunaan lampu jalan berwarna biru ternyata dapat menurunkan tingkat kejahatan jalanan di sana.

Produktivitas

Biru juga bisa menjadi lambang produktivitas. Menurut sebuah penelitian, bahwa orang akan lebih produktif saat berada di ruangan berwarna biru. Oleh karena itu tidak mengherankan jika biru sering digunakan untuk mendekorasi ruangan kantor.

Berbahaya

Meskipun arti warna biru lebih banyak berkaitan dengan perasaan positif, tidak demikian halnya jika dikaitkan dengan makanan. Arti warna biru pada makanan dapat memberikan kesan berbahaya dan perlu diwaspadai. Wrna ini identik dengan tanda pembusukan atau makanan beracun. Kematian akibat keracunan juga identik dengan kulit yang membiru.

Populer video

Berita lainnya