Begini Cara Menghilangkan Ketombe Kering

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang bisa dialami siapa saja. Kondisi ini terbilang sangat menganggu. Mulai dari menurunkan rasa percaya diri karena mengganggu penampilan, hingga kulit kepala yang terasa gatal, kering, bahkan bersisik.

Penyebab ketombe pun beragam. Mulai dari kulit kepala kering, efek samping perawatan rambut yang tidak cocok, proriasis, eksim, jamur malassezia, hingga kebiasaan jarang keramas. Meski bukan kondisi yang berat, ketombe kering dapat mengganggu aktivitas bila tidak ditangani. Melansir laman sehatQ, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ketombe kering.

Menggunakan lidah buaya

Gel lidah buaya sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, termasuk ketombe. Gel lidah buaya mengandung mineral, asam amino, vitamin, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat melembapkan dan meredakan iritasi kulit. Mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit kepala yang gatal dapat mengurangi jumlah ketombe serta meredakan kondisi kulit yang gatal dan bersisik.

Cara penggunaannya juga mudah. Potong daun lidah buaya, kupas kulit daun secukupnya hingga bagian dalamnya terlihat, Lalu oleskan bagian dalam yang mengandung gel tersebut ke kulit kepala.

Minyak serai

Minyak serai dipercaya dapat mengurangi ketombe akibat kandungan antiradang dan antimikroba yang dapat membunuh jamur di kulit kepala. Cara penggunaannya campurkan minyak serai dengan air atau shampo. Pasalnya, penggunaan secara langsung ke kulit kepala dapat menyebabkan alergi atau iritasi.

Cuka apel

Sifat asam pada cuka apel dianggap dapat merontokkan sel-sel kulit mati di kepala. Selain itu kandungan dalam cuka dipercaya dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala. Meski begitu belum banyak penelitian seputar efektivitas cuka apel dalam mengatasi ketombe.

Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dipercaya dapat mengatasi ketombe dengan cara melembapkan kulit kepala. Cara penggunaannya cukup oleskan minyak ke kulit kepala dan biarkan hingga satu jam. Setelah itu bilas bersih dengan air.

Konsumsi makanan tinggi probiotik

Makanan tinggi probiotik seperti tempe dan yogurt mengandung probiotik tinggi yang baik untuk mengatasi ketombe kering. Menurut sebuah studi, mengonsumsi makanan kaya probiotik selama 56 hari dapat membantu meredakan ketombe.

Kelola stres

Saat Anda stres, tubuh cenderung mudah terserang penyakit dan mengalami peradangan. Ini dikarenakan imunitas tubuh menurun saat Anda mengalami stres sehingga tubuh kesulitan melawan mikroba seperti jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe.

Gunakan shampo antiketombe

Menggunakan shampo antiketombe adalah salah satu cara menghilangkan ketombe yang praktis. Pilihlah shampo yang mengandung selenium sulfida. Selenium sulfida merupakan zat yang direkomendasikan para dokter untuk mengatasi ketombe karena manfaatnya yang dapat menghancurkan tumpukan keratin di kepala dan menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Populer video

Berita lainnya