Ternyata Melamun Memiliki Manfaat bagi Kesehatan Mental, lho

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Melamun
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin kalian sering mendengar tentang larangan melamun. Nyatanya, larangan yang sudah muncul sejak dulu ini tidak memiliki bukti ilmiah. Belakangan ilmuwan justru menemukan bahwa melamun itu baik untuk kesehatan mental. Selingan ini adalah pengalihan singkat dari dunia nyata dan ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan mental.

Namun, di balik manfaat melamun untuk kesehatan mental, tetap saja melamun bisa meningkatkan pada risiko lain. Seperti misalnya overthinking atau justru ketika lamunan menjadi realitas seperti kondisi maladaptive daydreaming. Lantas, apa saja manfaat melamun untuk kesehatan mental? Melansir laman halodoc, berikut penjelasannya.

Memberikan Manfaat Relaksasi

Ketika melamun, Anda diibaratkan membiarkan pikiran mengalir dengan bebas dan berada dalam kondisi yang disebut gelombang alfa. Ketika berada di zona alfa, Anda akan merasa tenang dan tidak memikirkan apapun. Perlu diingat, otak tidak dapat mempertahankan fokus dan produktivitas terus-menerus. Kesehatan otak yang baik membutuhkan beberapa periode relaksasi yang teratur dan melamun memberikan waktu buat otak beristirahat.

Membantu Memecahkan Masalah

Melamun dapat membantu memecahkan masalah dengan membiarkan pikiran mengalir bebas dan kemudian dapat merevitalisasi diri. Setelah melamun, Anda dapat kembali ke akar permasalahan dengan pikiran lebih segar. Selain memiliki perspektif yang segar, melamun tampaknya bekerja lebih baik ketimbang mencoba memaksakan solusi.

Menggunakan Berbagai Bagian Otak

Ketika melamun, Anda mengaktifkan area otak berbeda yang sebelumnya tidak terjangkau atau tidak aktif. Jadi, kebosanan atau kemalasan yang membuat kamu jadi melamun justru bisa membentuk koneksi penting di seluruh otak.

Membantu Mencapai Tujuan

Pikiran yang tak tentu arah ini justru dapat memicu motivasi. Namun, tidak semua lamunan bisa membantu mencapai tujuan jika lamunan tidak terstruktur dan cenderung ke fantasi yang membuat Anda semakin jauh dari realitas.

Lamunan yang membantu mencapai tujuan adalah lamunan terstruktur. Membayangkan atau melamun tentang salah satu tujuan kehidupan akan memicu Anda memikirkan langkah-langkah yang akan diambil, cara untuk tetap termotivasi, dan cara mengatasi rintangan.

Melamun Memperluas Kreativitas

Dengan melamun Anda akan menelusuri masalah yang kompleks tanpa henti. Terkadang dari lamunan justru muncul ide-ide baru, tepatnya ketika kamu tidak terlalu fokus kepada masalah.

Populer video

Berita lainnya