Ini Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Hewan Peliharaan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang memiliki alasan tersendiri saat memutuskan memelihara hewan di rumah. Tentunya sangat menyenangkan memelihara hewan, baik anjing atau kucing. Tidak hanya menyenangkan, terlepas dari tujuan memelihara, kehadiran hewan peliharaan di rumah nyatanya juga memiliki manfaat positif bagi pemiliknya. Melansir laman alodokter, berikut sejumlah manfaat memelihara hewan bagi kesehatan.

Meningkatkan aktivitas fisik

Jalan-jalan sore bersama anjing atau bermain tali dengan kucing mungkin hanya terdengar seperti kegiatan yang biasa dilakukan bersama hewan peliharaan. Namun tanpa disadari kegiatan tersebut ternyata dapat meningkatkan aktifitas fisik Anda. Walhasil, tubuh Anda akan terasa lebih fit dan bugar.

Meredakan stres

Sebuah penelitian menyebutkan, bermain bersama hewan peliharaan dan melihat tingkah lakunya yang menggemaskan dapat membuat pikiran lebih relaks dan membantu meredakan stres. Alasannya, dengan melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti ini bisa membantu meningkatkan produksi hormon kebahagiaan, seperti endorfin dan oxitosin, serta menurunkan kadar hormon stres, seperti kortisol.

Menjaga kesehatan jantung

Memelihara anjing, kucing, dan hewan lain juga dikaitkan tekanan darah dan denyut jantung yang lebih stabil. Hal ini tentunya bisa membuat jantung lebih sehat. Perlu diketahui, biasanya saat seseorang mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah akan lebih tinggi.

Nah, sebuah penelitian yang melibatkan pemelihara hewan menyebutkan, dengan memelihara hewan, denyut jantung dan tekanan darah yang sempat tinggi ini dapat lebih cepat kembali ke tingkat yang normal.

Menurunkan risiko alergi

Meski belum diketahui pasti efektivitasnya, salah satu penelitian mengungkapkan adanya penurunan risiko terjadinya reaksi alergi tertentu, seperti asma dan eksim, pada anak-anak yang memiliki hewan peliharaan. Hal tersebut dikaitkan dengan meningkatnya kerja dan fungsi sistem kekebalan tubuh anak saat terpapar dengan hewan peliharaannya.

Meski begitu perlu diingat, alergi bisa dipicu oleh beragam faktor dan kondisi, termasuk riwayat keluarga yang memang alergi terhadap bahan atau zat tertentu dan juga lingkungan.

Meningkatkan kesehatan mental

Adanya hewan peliharaan di rumah juga bisa menumbuhkan rasa kasih sayang, mengurangi rasa kesepian, memunculkan kembali motivasi, bahkan meningkatkan harga diri pemiliknya. Inilah alasan mengapa mempunyai hewan peliharaan disebut mampu menjaga kesehatan mental seseorang.

Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, memelihara hewan dapat membantu mengurangi gejala dari gangguan kecemasan, depresi, dan gangguan stres pascatrauma.

Populer video

Berita lainnya