Kulit Tangan dan Kaki Belang? Berikut Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit Belang
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Wajah, tangan, dan kaki adalah bagian tubuh yang sering terpapar sinar UV matahari. Itu sebabnya bagian tersebut biasanya lebih gelap dibandingkan bagian tubuh yang lain. Namun memiliki kulit belang tentu bisa mengurangi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Nah, ada beberapa cara untuk mengatasi kulit tangan dan kaki yang belang. Hanya saja, mengatasi kulit belang tidak seperti membalikan telapak tangan. Setidaknya membutuhkan waktu seminggu untuk mengatasinya. Melansir laman halodoc, berikut ini cara-caranya.

Memakai Tabir Surya

Tidak hanya penting untuk digunakan sebelum berjemur, tabir surya juga bisa digunakan sesudahnya untuk mengatasi kulit belang. Produk perawatan kulit tersebut bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari dan mempercepat proses perbaikan warna kulit.

Pilihlah tabir surya dengan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30. Gunakan 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah, dan oleskan secara merata setiap 2 jam sekali. Bila perlu, gunakan menggunakan topi, baju lengan panjang agar kulit semakin terlindungi dari paparan sinar UV matahari.

Eksfoliasi

Eksfoliasi bisa dilakukan dengan teknik scrubbing, yaitu menggosok kulit tangan dan kaki dengan bahan yang memiliki butiran halus. Tujuannya agar sel-sel kulit mati bisa dihilangkan, dan warna kulit yang belang akibat paparan sinar UV matahari bisa kembali cerah.

Pakai Masker Alami

Selain pada wajah, masker juga bisa digunakan untuk mengatasi warna kulit tangan dan kaki yang belang. Gunakan masker alami ini setidaknya satu kali sehari agar hasilnya maksimal. Anda bisa menggunakan masker dengan bahan tomat, kentang, madu atau yoghurt.

Mikrodermabrasi

Teknik scrubbing dengan menggunakan butiran-butiran kecil yang sedikit kasar, nyatanya tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Teknik ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan yang canggih oleh profesional. Prosedur ini dinamakan mikrodermabrasi. Perawatan kulit dan kecantikan ini bisa mencerahkan warna kulit, sekaligus membersihkan dan melembabkan.

Chemical Peeling

Pengelupasan kulit dengan bahan-bahan kimia atau chemical peeling mungkin bisa memberikan efek yang keras pada kulit, tapi metode ini bisa menghilangkan kotoran yang membandel dan kulit kering, sehingga membuat kulit tampak lebih segar dengan warna kulit yang merata.

Laser

Terapi ini pada dasarnya memiliki metode yang sama seperti perawatan hiperpigmentasi yang lain. Metodenya dengan menghilangkan lapisan luar yang terdiri dari sel-sel mati dan kulit kering, sehingga menampilkan warna kulit yang lebih rata.

Populer video

Berita lainnya