Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Daun Salam
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Daun salam biasanya digunakan sebagai penyedap makanan karena memiliki aroma yang memikat. Apalagi tanaman herbal ini diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Bagian yang paling banyak manfaatnya ada pada daun dan minyaknya.

Daun salam mengandung senyawa seperti niasin, serat, tanin, dan vitamin C. Jenis tanamanl ini pun dapat ditanam di mana saja dan mudah ditemukan di toko bahan makanan atau pasar. Melansir laman halodoc, simak berbagai manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi daun salam.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Daun salam adalah sumber vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang baik. Semua vitamin ini diketahui mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tanaman ini pun sering dikonsumsi oleh lansia dan anak untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Memperbaiki sistem pencernaan dan ginjal

Teh herbal yang terbuat dari daun ini dapat membantu meringankan gangguan sakit perut. Ini juga berdampak baik pada sistem pencernaan dalam mencegah kerusakan lambung dan melancarkan buang air kecil. Hal ini membantu tubuh melepaskan racun dan baik untuk kesehatan ginjal.

Selain itu, senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam sangat efektif dalam meredakan sindrom iritasi usus besar atau bahkan memudahkan mencerna makanan.

Menurunkan gula darah dan kolesterol

Rebusan daun salam dapat membantu menurunkan gula darah dan kolesterol. Polifenol yang ditemukan dalam daun salam bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Diperkirakan bahwa zat ini membantu pengidap diabetes dengan menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Melawan infeksi bakteri dan jamur

Obat herbal ini telah ditemukan memiliki sifat antibakteri, yang berarti dapat menghentikan bakteri tumbuh. Selain itu, daun salam dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus (bakteri karena infeksi Staph) dan E. coli.

Mencegah stres dan depresi

Kandungan linalool dalam daun ini dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada tubuh. Daun salam juga memiliki kualitas menenangkan alami yang dapat membantu tubuh lebih tenang dan mengurangi kemungkinan depresi.

Populer video

Berita lainnya